Stok Vaksin Polio Habis, Imunisasi Anak Tertunda

627 views

ilustrasi.net

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Tercatat sejak akhir Agustus 2016 hingga September 2016 saat ini Dinas Kesahatan DIY belum memiliki stok vaksin polio (IPV). Hal tersebut berdampak terhadap warga Gunungkidul yang akan melakukan imunisasi anaknya tetapi sesampainya di Puskesmas vaksin polio masih kosong, Rabu (28/9/2016).

Salah seorang warga Wonosari, Rastra (26) mengatakan terakhir imunisasi anaknya pada 24 Agustus 2016 lalu. Kemudian dijadwalkan kembali pada Rabu (28/9/2016) pagi. Tetapi sesampainya di Puskesmas Wonosari stok vaksin polio belum datang.

“Terpaksa imunisasi polio ditunda, menunggu sampai vaksin datang dari pusat (Kementerian Kesehatan,red),” kata Rastra ketika ditemui wartawan di Puskesmas Wonosari II, Rabu (28/9/2016) pagi.

Sementara beberapa waktu lalu, Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembajun Setyamingastuti mengatakan, kosongnya vaksin karena vaksin dari program pemerintah telah habis, sementara sisanya sudah expire date (kadarluarsa) pada akhir agustus 2016 sehingga harus ditarik. Pihaknya sudah menyampaikan ke Kementrian kesehatan untuk mendapatkan vaksin. 

” Kami dan Kemenkes mengusahakan akhir September (vaksin polio) sudah ada,” ucapnya beberapa waktu lalu.
Pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk tidak resah terkait hal ini. Ia mengklaim bayi baru lahir di DIY belum ada yang terkena polio. “Kami minta masyarakat tidak perlu resah dengan kondisi ini. Selama ini memang tak ada kasus polio terjadi di DIY,”katanya. (Heri)

Related Post