Suharno Hengkang, Kursi Ketua DPRD Akan Berganti

48 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Hengkangnya politisi PDIP Suharno ke Partai Nasdem membuat unsur pimpinan di jajaran DPRD Gunungkidul juga berubah.

Posisinya sebagai Ketua Dewan dipastikan akan diganti sejawatnya dari fraksi PDIP.

Ketua DPC PDIP Gunungkidul, Endah Subekti mengatakan belum adanya surat resmi pengunduran diri Suharno dari PDIP adalah sebabnya. Pasalnya jika surat resmi itu telah diterima, maka sesuai peraturan partai maupun AD/ART akan segera ada perubahan.

“Jabatan di partai juga jabatan publik sebagai Ketua DPRD Gunungkidul juga akan berubah,” ujarnya kepada Gunungkidulpost.com, Minggu (8/7/2018).

Endah menjelaskan di partai ada mekanisme tersendiri tentang perubahan jabatan. Hal itu melalui beberapa proses, baik lewat peraturan partai maupun AD/ART menyoal pergantian Pimpinan Dewan, Pimpinan Fraksi, maupun Pimpinan Komisi.

“Kita akan bahas dalam rapat internal partai, selanjutnya nanti akan kita release [ke media],” bebernya.

Adapun pemberhentian pimpinan DPRD sebelum masa jabatannya berakhir dapat dilakukan dengan empat alasan, yakni meninggal dunia, mengundurkan diri, diberhentikan sebagai anggota DPRD dan diberhentikan sebagai pimpinan DPRD.

Dalam kasus Suharno, ketua DPRD Gunungkidul ini kemungkinan diusulkan untuk diberhentikan oleh partai politik yang bersangkutan.

Hal itu menjadi hak partai politik sebagaima dirujuk pada Pasal 42 ayat (3) huruf b PP Nomor 16 Tahun 2010 tentang Pedoman Pernyusunan Peraturan DPRD tentang Tata Tertib DPRD. (Bayu)

Related Post