Suharno Resmi Mundur, PDIP Siapkan Amunisi Baru

11 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Hengkangnya kader PDIP maupun keanggotaan di kursi ketua DPRD Gunungkidul terjawab sudah.

Suharno diketahui sudah menyerahkan surat pengunduran diri sebagai kader PDIP pada Minggu (8/7/2018) lalu.

Pengunduran diri dilakukan setelah Suharno pindah ke Partai Nasdem pada pekan kemarin.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP DIY Bambang Praswanto mengungkapkan nama Sugito menjadi yang terdepan meski PDIP masih memproses nama-nama calon pengisi kursi yang ditinggalkan Suharno.

“Sugito punya pengalaman panjang di pemerintahan,” kata dia, Selasa (10/7/2018).

Berbekal pengalaman sebagai aparatur sipil negara dari tingkat bawah sampai menjadi Sekretaris Daerah Gunungkidul ditambah modal sebagai politikus senior dan berulang kali duduk di kursi Dewan membuat nama Sugito dipandang layak menggantikan posisi Suharno.

Selain berpengalaman, Sugito juga memiliki posisi penting, yakni Sekretaris DPC PDIP Gunungkidul. Selain itu, Sugito menjabat sebagai Ketua Komisi B DPRD Gunungkidul.

Bila ditunjuk menggantikan Suharno, ini menjadi yang kedua kalinya bagi Sugito duduk di kursi ketua dengan status pengganti.

“Sebelumnya, di DPRD periode 2009-2014, Sugito pernah menjabat sebagai pelaksana tugas (Plt) Ketua DPRD karena Ratno Pintoyo tersandung masalah hukum,” paparnya.

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Gunungkidul Endah Subekti Kuntariningsih mengungkapkan surat pengunduran diri Suharno diterima pihaknya pada Minggu lalu. Surat itu berisi pengundurkan diri dari keanggotaan maupun kepengurusan partai serta anggota fraksi di DPRD Gunungkidul.

Anak Suharno, Rian Eko, yang turut pindah ke Partai Nasdem, diketahui juga telah melayangkan surat serupa. Pasca terbitnya surat pengunduran diri tersebut, pengurus PDIP Gunungkidul lantas menggelar rapat pleno di Kantor DPC PDIP Gunungkidul pada Senin (9/7/2018) lalu.

Rapat tersebut membahas langkah konstitusional ikhwal perubahan struktur kepengurusan maupun kebijakan Pergantian Antarwaktu (PAW) Suharno dari keanggotaannya di fraksi.

“Rapat pleno juga membahas
usulan nama pengganti Suharno di keanggotaan DPRD Gunungkidul,” ungkapnya. (Bayu)

Related Post