Suhu Udara Di Gunungkidul Terasa Panas

34 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Suhu udara yang ada di wilayah Kabupaten Gunungkidul terasa panas.

Dari data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta, suhu udara pada siang hari bisa mencapai 34 derajat celcius.

Meski tergolong tinggi, namun hal ini dinilai masih dalam batas kewajaran.

Kepala Kelompok Data dan Infomasi BMKG Stasiun Klimatologi Yogyakarta, Djoko Budiyono menyatakan suhu udara yang ada di DIY memang meningkat namun hal tersebut masih wajar.

“Yang dirasakan masyarakat hari ini suhu cukup panas. Memang terjadi kenaikan suhu udara. Dalam 3 hari ini suhu udara maksimum siang hari mencapai 33 -34 C,” katanya Jumat (5/9/2018).

Menurutnya, kondisi panas saat ini terjadi karena posisi semula matahari Bulan September lalu berada di kisaran equator. Hal itu menyebabkan wilayah Indonesia mendapat banyak curahan matahari.

Sedangkan pada Oktober, pergerakan posisi matahari semu bergerak ke bagian selatan equator. Hal itu menyebabkan wilayah Yogyakarta yang berada di selatan equator akan mendapatkan curahan matahari yang lebih besar lagi.

“Bulan Oktober ini matahari akan berada di atas wilayah kita. Bertepatan dengan kondisi ini, maka wilayah Yogyakarta suhu maksimum cukup tinggi sekitar 33-35C,” jelasnya.

Sementara itu, salah seorang warga Wonosari, Kurnianto mengaku dirinya merasakan panas saat siang hari terhitung mulai sepekan ini. Menurut dia, dengan kondisi yang panas ini, memaksanya untuk terus mengonsumsi air mineral saat melakukan aktivitas.

“Sudah sepekan ini saya rasakan cukup panas dan ini membuat kondisi tubuh teras haus dan mudah capek,” tutupnya. (Santi)

Related Post