Sultan: Gunungkidul Jangan Jadi Raksasa Yang Tertidur Lelap

147 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dengan didirikannya badara baru,
Sultan Hamengku Buwono X mendorong agar Pemkab Gunungkidul lebih kreatif lagi dalam mengembangkan sektor pariwisata.

Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat sekaligus Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X ingin Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul lebih kreatif dalam mengembangkan sektor pariwisata di Gunungkidul. Hal itu agar Gunungkidul tidak seperti raksasa yang tertidur lelap.

Dalam pidatonya, Sultan mengungkapkan rasa bangganya karena pembangunan pariwisata di Gunungkidul berbasis komunitas masyarakat. Sehingga pendapatan masyarakat pun menyebar dan berpotensi sebagai wahana efektif untuk pengentasan kemiskinan oleh masyarakatnya sendiri

Namun, Ngarso dalem menilai pembangunan sektor wisata di Gunungkidul harus lebih meningkat dari sebelum-sebelumnya. Mengingat ramainya destinasi wisata dapat melahirkan multiplayer efek pada sektor yang lebih luas.

“Tinggal Pemerintah Kabupaten (Gunungkidul) memfasilitasinya dengan memudahken akses membangun konektivitas antar objek, ujar Ngarso Dalem, Kamis (20/6/2019) kemarin.

Makanya jika pemerintah dan masyarakatnya kurang kreatif, Gunungkidul pun akan seperti raksasa yang tertidur lelap, yang tak akan mendapatkan apa-apa.

Menurut Ngarso Dalem, pengembangan sektor pariwisata itu untuk menarik wisatawan yang mendarat di Yogyakarta Internasional Airport (YIA) untuk mengunjungi Gunungkidul. Terlebih, Gunungkidul memiliki daya tarik wisata geopark dan pantainya, hal itu agar wisatawan yang datang dari YIA tidak hanya tertarik ke Candi Borobudur.

Sultan menilai dengan pemerataan pasokan listrik di kawasan Pantai akan meningkatkan jumlah penginapan di kawasan Pantai. Dengan hal tersebut, nantinya akan membuat wisatawan betah berlama-lama saat mengunjungi Gunungkidul.

“Gimana mereka akan bangun penginapan dan sebagainya nek raono (kalau tidak ada) listriknya. Listrik aja, diprioritaskan untuk masuk selatan, kami bisa bantu anggarannya,” tutup Sultan. (Red)

Related Post