Sultan Tolak Pembangunan Tol Di Jogja

image

Sri Sultan Saat Melakukan Kunjungan Kerja. (Foto: Dok Gunungkidulpost.com)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dengan di bangunya Internasional Airport yang ada di Kulon Progo tersebut akan menjadi tantangan tersendiri bagi Kabupaten Gunungkidul.

Namun Pemerintah Kabupaten Gunungkidul tetap optimis bahwa Gunungkidul akan tetap eksis dengan mengedepankan aspek pariwisata.

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X menyampaikan bahwa pihaknya akan terus memberikan dukungan untuk Gunungkidul.

“Pupuk terus kebersamaan untuk membangun Gunungkidul menjadi sesuatu yang lebih istimewa dan bisa dinikmati bersama,” jelas Sri Sultan pada saat melakukan kunjungan kerja ke Gunungkidul Kamis Lalu.

Sri Sultan juga memohon aspirasi dari Gunungkidul untuk Gubernur bisa mengisi program-program untuk pembangunan di dalam kaitannya internasional Airport karena programnya itu untuk infrastruktur Joglo Semar.

Sri Sultan secara tegas nenyampaikan bahwa pihaknya tidak setuju dengan rencana dibangunnya jalan Tol di Yogyakarta, karena program ini tidak ada untungnya untuk masyarakat di Yogyakarta. Menurutnya dengan dibangunnya jalan Tol masyarakat tidak akan dapat apa-apa.

“Jalan di perlebar monggo, tapi kalau untuk di bangun jalan Tol saya tidak setuju, karena hanya akan menguntungkan bagi yang membangun jalan Tol,” jelasnya.

Lebih lanjut Sri Sultan menuturkan, kalau di bangun jalan Tol, otomatis jalan di sekitarnya juga akan ditutup, sehingga masyarakat di sekitar juga tidak dapat berbuat apa- apa. Para pedagang tidak lagi bisa berdagang di tepi jalan Tol, sehingga harus berdagang di tempat lain.

“Di kota lain ada jalan Tol silahkan, tapi di Yogyakarta Jangan, biarlah masyarakat ikut menikmati perkembangan Yogyakarta ini,” tegas dia.

Terkait rencana Pemerintah pusat yang akan membangun jalan Joga -Solo, Sri Sultan meminta agar dibangun di atas jalan yang sudah ada, bukan untuk membebaskan tanah baru.

“Di Prambanan itu masih banyak batu- batu yang terpendam dan bisa menjadi aset, untuk itu saya tidak setuju kalau di bangun jalan Tol,” imbuhnya.

Menurut Sri Sultan, Pemerintah Pusat lebih baik membangun jembatan diatas jalan yang sudah ada.

“Jalan bisa dibuat empat jalur yang bisa menghubungkan empat Kabupaten yang ada di Yogyakarta sehingga akan menambah akses kemudahan bagi kita semua,” pungkas Sultan. (Santi)

Posted from WordPress for Android

Related Post