Sumur Bor Canggih Untuk Ratusan Warga Siap Dioperasikan

image

Foto: Istimewa

Gunungkidulpost.com – Playen -Bantuan sumur Bor yang dibangun sejak 2016 di Desa Ngleri, Kecamatan Playen, telah diresmikan oleh Plt Kepala Bidang Geologi yang wakili oleh Kepala Pusat Air Tanah dan Geologi Tata Lingkungan (PATGTL), Andiani, Rabu, (23/08/2017).

Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi dan anggota DPR RI Komisi VII DIY, Agus Sulistyono juga turut hadir dalam acara peresmian kali ini.

Andiani menyebutkan bahwa, sumur bor dengan spesifikasi kedalaman 27 meter dengan kontruksi pipa galvanis diameter 6 inchi, pasokan listrik dari genset dengan kapasitas 10 kVA = 8kWatt menggunakan pompa selam 3 PK ini mempunyai debit 1,1 liter perdetiknya sehingga mampu menghasilkan air sebanyak 47 kubik/ 12 jam.

“Sumur Bor ini di gunakan untuk 147 kepala keluarga yang ada di sekitar lokasi sumur,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Andiani, sumur Bor ini dilengkapi dengan rumah genset, rumah pompa dan bak penampungan air kapasitas 5000 liter.

“Sumur dibangun di daerah dengan komposisi bantuan berupa batu gamping dimana air tanahnya mengalir melalui retakan, saluran pelarutan/ sungai bawah tanah sehingga diperlukan kajian dan teknologi pengeboran yang tepat,” terangnya.

Kini sumur telah secara penuh dapat digunakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air bersih.  Selain itu peresmian ini juga sebagai wujud bantuan pemerintah pusat, langsung kepada masyarakat dengan tujuan pengentasan daerah sulit air bersih melalui pengeboran air tanah dalam.

Sementara itu, Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi menyampaikan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi atas apa yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat yang telah membantu masyarakat Gunungkidul yang terkenal kekurangan air di musim kemarau.

“Bantuan ini tentu akan sangat bermanfaat bagi masyarakat, semoga kedepannya kebutuhan air bersih dapat tercukupi,” pungkas Immawan. (Santi)

Posted from WordPress for Android

Related Post