Tahun Ini 30 Desa Gelar Pilkades Serentak

30 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Sebanyak 30 desa di Gunungkidul akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada Oktober mendatang.

Tercatat sejumlah desa antara lain Desa Dengok, Ngunut, Ngawu, Bandung dan Logandeng akan memilih pemimpin baru.

Diantara beberapa wilayah tersebut ada dua kecamatan yakni Tepus dan Girisubo yang tidak menggelar Pilkades.

Adapun pendaftaran bagi calon kepala desa dilakukan pada 5 Agustus hingga 13 Agustus. Sementara untuk pencoblosan dilakukan pada 13 Oktober.

“Di Wonosari akan ada dua desa yang mengikuti Pilkades serentak yaitu Desa Baleharjo dan Siraman,” Kata Kriswantoro, Selasa (31/7/2018) kemarin.

Selain itu Desa Mulusan merupakan satu-satunya desa di Kecamatan Paliyan yang mengikuti Pilkades. Adapula Desa Girisuko, Kecamatan Panggang; Desa Candirejo, Kecamatan Semanu; Desa Kelor Kecamatan Karangmojo; Desa Sidorejo, Kecamatan Ponjong; dan Desa Botodayaan, Kecamatan Rongkop. Seluruhnya akan mengikuti Pilkades.

Sementara itu di Kecamatan Patuk dua desa yakni Ngoro-oro dan Terbah yang mengikuti pemilihan.

“Kalau di Kecamatan Nglipar yang ikut Pilkades itu Desa Katingan,” ungkap Kriswantoro.

Selain itu, Desa Kalitekuk dan Bulu Rejo Kecamatan Semin juga akan diselenggarakan Pilkades. Ditambah tiga desa dari Kecamatan Ngawen, yakni Desa Jurangjero, Kampung, dan Watusigar pun sama.

Untuk wilayah Kecamatan Gedangsari yang mengikuti Pilkades yakni Desa Mertelu, Watugajah, dan Sampang. Sementara di Kecamatan Saptosari pemilihan pergantian kepala desa tahun 2018 akan terjadi di Desa Jetis, Kepek, Kanigoro, dan Monggo.

Kriswanto mengungkapkan ada enam desa yang saat ini sudah mengalami kekosongan kepala desa dan harus diganti Pj, yakni Desa Kepek, Desa Baleharjo, Desa Jetis, Desa Sidorejo, dan Desa Hargosari. (Santi)

Related Post