Tahun Ini Jumlah Penerima PKH Turun

254 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Di Tahun 2019, jumlah penerima Program Keluarga Harapan (PKH)di Kabupaten Gunungkidul menurun dari 65 ribu orang di tahun 2018 lalu menjadi 62.700 orang.

Kepala Bidang Kesejahteraan sosial, Dinas Sosial Kabupaten Gunungkidul, Eka Sri Wardani mengatakan,penurunan jumlah penerima PKH dikarenakan masyarakat yang sudah merasa mampu mengundurkan diri sebagai penerima PKH. Selain itu, penerunan jumlah penerima PKH karena beberapa masyarakat yang sudah tidak masuk komponen.

“Tidak masuk komponen misalnya sudah meninggal, lalu berusia sudah lanjut, kemudian sudah lulus SMA, karena sebelum lulus SMA kan dapat kalau sudah lulus ya sudah tidak dapat,” katanya,Rabu (20/2/2019).

Eka Sari menjelaskan,PKH merupakan kebijakan pusat. Jika ada penurunan kemudian selisihnya diisi oleh masyarakat lain, hal itu membutuhkan waktu yang lama karena harus melalui beberapa proses.

“Disini, Bupati hanya bisa mengusulkan siapa saja yang akan menerima PKH dengan memasukkan data terlebih dahulu. Untuk penentuan siapa saja yang berhak menerima bantuan, pemerintah pusat yang menentukan” jelasnya.

Pencairan PKH sendiri sudah dilakukan sejak Senin, (18/2) lalu, dengan nominal yang berbeda-beda. Dari nominal yang paling sedikit 500 ribu rupiah. Namun jika satu komponen terpenuhi, bantuan yang diterima paling sedikit 225 ribu rupiah.

“Jadi ada bantuan tetap dan ada bantuan per komponen. Kalau sebelumnya flat kalau tahun 2019 kali ini berbeda,” katanya.

Eka menuturkan penentuan nominalnya berdasarkan komponen-komponen, seperti jumlah anggota Kepala Keluarga (KK) dan yang bersekolah ada berapa.

Sementara itu, Kepala Desa Pacarejo, Suhadi mengatakan di desanya ada empat orang yang mengundurkan diri sebagai penerima PKH.

“Dari total 1.200, yang mengundurkan diri sebanyak empat orang, karena memang sudah merasa mampu,” ujarnya. (Santi)

Related Post