Tahun Ini Program Transmigrasi Dijatah 40 KK

659 views

Ilustrasi. Net

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Sebanyak 40 kepala keluarga (KK) di Gunungkidul mengikuti program transmigrasi pada tahun 2017 melakui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Gunungkidul. Hal itu membuktikan bahwa angka minat masyarakat untuk transmigrasi meningkat.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Gunungkidul Dwi Warna Widi Nugraha mengatakan, tahun 2017 ini ada 40 KK yang akan mengikuti program transmigrasi.“Tahun ini kita mendapatkan jatah 40 kk untuk melakukan transmigrasi,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Jumat (6/1/2016).

Menurut Dwi, adapun lima daerah yang menjadi tujuan transmigran antara lain, Bulungan, Kalimantan Utara, Polewalimandar, Sulawesi Barat, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, dan Lahat, Sumatera Selatan.“Kami terus mendorong agar masyarakat ikut program transmigrasi, karena disana bisa meningkatkan taraf hidupnya,” paparnya.

Dia menambahkan, Para transmigran sudah dibekali ketrampilan untuk mengolah lahan yang diberikan. Setiap KK akan mendapatkan 1,5 hektar lahan yang bisa diolah sesuai dengan kondisi geografis setempat. 

Misalnya, untuk transmigran yang berangkat ke polewalimandar lokasi cocok untuk tanaman kako, dan Musi Banyuasin cocok untuk sawit, maka yang berangkat ke lokasi tersebut akan diberikan pelatihan intensif pertanian tersebut disamping pelatihan dasar pertanian. “Jadi transmigran itu berat, tetapi kalau mau berusaha pasti sukses,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post