Tak Ada Temuan Cacing Hati, Daging Kurban Diklaim Aman Dikonsumsi

166 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul mengklaim seluruh dagang kurban di wilayah Gunungkidul aman dikonsumsi.

Hal itu tampak dari hasil pemantauan Panitia Pemantau Pemotongan Hewan Kurban Kabupaten Gunungkidul dibeberapa tempat penyembelihan hewan kurban.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul, Bambang Wisnu Broto mengatakan, petugas tidak menemukan adanya cacing hati atau penyakit kasat mata lainnya

“Dalam pemantauan kami dibantu 169 personil dan 35 orang mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Hewan UGM. Sejak kamarin tim melakukan pengecekan dari suhu badan, air liur dan kotoran,” kata Bambang, Rabu, (22/8/2018).

Diakui Bambang, ternak di Gunungkidul relatif sehat lantaran berada di daerah karst. Sehingga penularan cacing melalui keong sawah sangat kecil kemungkinannya.

Meskipun hasil pantauan saat ini aman, Bambang menghimbau kepada masyatakat agar tetap waspada.

“Jika ada hewan yang terserang cacing hati agar disingkirkan dan tidak dikonsumsi,” ucap Bambang.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul, Badingah mengatakan, perayaan kurban kali ini cukup baik. Selain perihal kesehatan hewan, ia mengacungi jempol kaitanya kekompakan, kerukunan dan gotongroyong di tengah masyarakat.

“Pantauan saya dilapangan masyarakat sangat rukun. Tidak hanya umat muslim saja, tadi umat nasrani juga terlihat guyup rukun dalam perayaan kurban kali ini,” kata Badingah. (Santi)

Related Post