Tak Disangka Perayaan Natal Di Gereja Katolik Akan Seperti Ini

144 views

Forum Lintas Iman Hadir Dalam Perayaan Misa Natal. (Foto: Bayu)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Ada yang berbeda pada perayaan hari Natal di Gereja Santo Petrus Kanisius Wonosari, Minggu(24/12/2017) malam. 

Pasalnya, forum lintas iman yang terdiri dari perwakilan Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Budha, Aliran Kepercayaan ikut merayakan misa natal tersebut.

Bahkan mereka, dipengujung acara misa suci rela berdiri ditengah-tengah umat Katolik untuk menyampaikan ucapan selamat natal kepada umat kristiani yang merayakannya.

“Kami dari forum lintas iman Gunungkidul mengucapkan selamat hari natal bagi umat krestiani, semoga damai natal senantiasi menyertai kita semuanya,” ucap salah satu anggota forum lintas iman, Amirudin Aziz.

Ucapan itu pun sontak membuat kebanggan tersendiri bagi rubuan umat yang hadir dalam di Gereja Santo Petrus Kanisius. Ribuan umat pun membalasnya dengan ucapan terimakasi dan tepuk tangan.

Amirudin Aziz menuturkan, mementum inilah wujud dari kebersamaan dan sebagai salah satu langkah untuk mempertahankan sikap toleransi antar umat beragama.

“Ini wujud tolerasnsi kita terhadap saudara-saudara di lintas agama. Tidak ada salahnya jika kita saling mengucapkan selamat saat saudara kita merayakan hari raya agamanya,” ungkap Amirudin.

Sementara itu, perwakilan dari pemuda Hindu Gunungkidul, Rahayu fitriani mengatakan, pihaknya dari perwakilan umat Hindu mengucapkan selamat natal bagi umat Krestiani. Dia berharap mometum salang menyapa dan memeberikan salam seperti ini akan dijadikan dalam agenda rutin setiap merayakan hari besar agama.

“Momentum ini akan kita jadikan sebagai kegiatan rutin sehingga selalu terjaga semangat kebersamaan antar agama,” ungkapnya.

Terpisah, Pastor Budiarto SJ mengaku sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh forum lintas iman Gunungkidul. Dia pun berterima kasih kepada semua pihak yang telah berkenan hadir dalam rangka mengucapkan perayaan natal di tahun 2017.

“Sungguh luar biasa saudara-saudara kita bersedia hadir dalam perayaan natal malam ini. Dan kami mewakili umat Katolik di Gunungkidul mengucapkan terma kasih atas partisipasinya, semoga momentum ini akan terus ditingkatkan dalam rangka memupuk kebersamaan dan toleransi antar umat beragama,” tutupnya. (Bayu)

Related Post