Tak Hanya Peternakan, Ternyata Usaha Wisata Di Semanu Ada Yang ‘Bodong’

29 views

Gunungkidulpost.com – Semanu – Sejumlah industri wisata di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu yang juga masuk dalam kawasan Geopark Gunung Sewu diperkirakan juga belum mengantongi izin.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Gunungkidul, Irawan Jatmiko mengatakan sejumlah industri wisata diwilayah Semanu disinyalir belum mengajukan izin pendirian bangunan.

“Memang kebanyakan dari para pengelola wisata di sana [Desa Pacarejo] belum ada izinnya,” ucap Irawan Jatmiko kepada wartawan, Jumat (14/9/2018).

Namun, dia enggan membeberkan industri wisata mana saja yang belum mengajukan izin. Dia hanya mengimbau bagi pegiat industri wisata seperti para pemilik hotel dan penginapan mau segera mengurus izin.

“Bukan tidak mungkin nanti keberadaanya dianggap ilegal dan bisa ditutup juga,” ucapnya.

Irawan menjelaskan dengan adaya perizinan ini, dapat diketahui bahwa keberadaan bangunan yang dimiliki pegiat wisata apakah akan berdampak buruk pada lingkungan sekitar, khususnya kelestarian kars Gunung Sewu yang telah diakui UNESCO sebagai Geopark.

“Hampir seluruh wilayah Gunungkidul masih banyak pengelola wisata yang belum mengajukan izin,” tandas Irawan.

Sementara itu salah satu pegiat wisata di Desa Pacarejo yang merupakan pemilik Resor Jomblang, Cahyo Alkantana menjelaskan izin yang digunakan pengelola wisata seperti dirinya adalah izin pramuwisata.

Dia mengatakan pihaknya telah beraudiensi dengan Bupati Gunungkidul, dengan kesepakatan menggunakan izin yang ada, yakni pramuwisata.

“Kalau untuk pengelolaan wisata gua itu baru digodok di Kementerian Pariwisata tetntang Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP). Tetapi kami sudah sepakat semua di Gunungkidul, bahwa prosesnya sudah lama maka ijin yang kami pakai adalah izin pramuwisata,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post