Tak Mau Kalah Dengan Pelajar, Ibu Rumah Tangga Mulai Belajar Batik Disekolah

121 views

Gunungkidulpost.com – Playen – Puluhan ibu-ibu meriung dalam belajar membatik yang di laksanakan di SMP 3 Playen, Desa Bandung, Kecamatan Playen.

Terlihat mereka sibuk menghadap kompor dan wajan kecil berisi malam atau cairan lilin yang diletakkan di lantai .

Masing-masing memegang canting, lantas menciduk malam dan kemudian ditorehkannya pada pola bermotif daun maupun bunga. Mereka sedang belajar proses pembuatan batik tulis yang diselenggarakan oleh SMP 3 Playen.

Iswanti, satu di antara puluhan perempuan itu, tampak teliti menghadap selembar kain putih yang sudah dibuatnya tak polos lagi.

“Ini pertama kalinya belajar membatik,” kata Iswanti, Selasa (30/4/2019)

Sementara itu, Ketua Penyelenggara Guru Seni Rupa SMP 3 Playen Agus Supriyono mengatakan, Sekitar 20 peserta ibu-ibu di Desa Bandung mengikuti belajar batik. dengan adanya kegiatan ini, pihaknya berharap agar para ibu mempunyai keterampilan membatik, selain itu bisa memproduksi patik secara mandiri.

“Dengan berbagai bahan selanjutnya hasil batik itu yang akan memilki nilai ekonomi seperti, Kap lampu Lampu gantung, Sandang, Dompet, Gorden, Selimut. Untuk pemuda karangtaruna batik lukis dengan motif hias, maupun lukisan abstrak itu akan lebih cocok,” katanya saat ditemui diruang kerjanya.

Ia berharap, dengan adanya pembelajaran membatik ini nantinya akan dikembangkan dan di buat kelompok agar dirumah bisa berkarya sehingga tidak harus berkumpul. dan nantinya, harapan kedepan rencana oktober mendatang akan menggelar pameran batik berkaitan dengan hari batik.

“Rencana nanti di Balai Desa Bandung, karena memang kita untuk icon di desa Bandung,” pungkas Agus. (Heri)

Related Post