Tanah Ambles Dilahan Jagung, Warga Ngondel Kulon Geger

678 views
image

Foto: Istimewa

Gunungkidulpost.com – Saptosari – Fenomena alam berupa sinkhole atau amblesan tanah terjadi di Dusun Ngondel Kulon, Desa Krambilsawit, Kecamatan Saptosari. Sinkhole ini terjadi di tanah tegalan hingga membentuk sebuah lubang besar berdiameter sekitar 50 meter dengan kedalaman sekitar 3 meter.

Eko Nugrahanto salah satu warga yang berada dilokasi kejadian menyampaikan, amblasnya tanah tegalan tersebut sempat membuat warga sekitar penasaran. Lahan yang dipenuhi tanaman jagung tiba-tiba amblas dan menimbulkan genangan air sehingga membentuk seperti kolam besar. 

“Saya coba cek kelokasi kejadian, namun saat ini air sudah surut dan sudah terlihat dasar lubang,” jelasnya, Sabtu, (2/12/2017).

Sementara itu, Kapolsek Saptosari, AKP Eko Andriyanto menyampaikan,pihaknya mendapat laporan adanya  fenomena tanah amblas pada Rabu, (29/11/2017). 

” Memang benar ada kejadian tanah amblas di Desa Krambilsawit, kami sudah perintahkan anggota untuk mengecek ke lokasi, ” ucapnya.

 

Dengan adanya kejadian ini, Polsek Saptosari menghimbau agar masyarakat tidak mendekati bibir tanah yang amblas. Selain itu masyarakat juga dilarang memasuki lubangan tersebut.

“Harap masyarakat memperhatikan himbauan yang kami berikan, hal ini semata-mata kami lakukan agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan,” tutupnya. (Santi)

Posted from WordPress for Android

Related Post