Tanah Ambles Semakin Meluas BPBD Lakukan Kajian

335 views

Gunungkidulpost.com – Ponjong – Pasca amblesnya tanah di Padukuhan Pringluwang, Desa Bedoyo, Kecamatan Ponjong yang terjadi pada beberapa waktu yang lalu membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul akan melakukan kajian.
Warga dihimbau untuk tidak masuk diarea sekitar lubang dan membuat saluran air untuk mencegah meluasnya lokasi amblesan. 

“Saat kami berada dilokasi kejadian, akan dilakukan pengkajian lebih mendalam,” kata Kasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Gunungkidul, Handoko kepada wartawan, Rabu (7/2/2018).

Menurut Handoko, informasi dari keterangan pemilik lahan, luasan lahan yang mengalami amblesan semakin melebar. Fenomena itu biasa di tanah karst, karena didalamnya terdapat rongga yang berasal dari sungai bawah tanah.

Untuk mengatasi hal itu, pihaknya meminta kepada pemilik lahan untuk membuat drainase agar air yang berada di sekitar area lahan pertanian tidak masuk ke dalam.

“Jangan sampai masuk kedalam karena air bisa menggerus dinding dan akan melebar,” ungkapnya.

Petugas dari Polsek Ponjong telah memasang garis polisi. Hal itu bertujuan agar warg tidak mendekat dilokasi kubangan. (Heri)

Related Post