Tanah Retak Potensi Lonsor, Ancam Tiga Rumah Warga

418 views

Gunungkidulpost.com – Semin – Diguyur hujan, tanah di dusun Ngrenjeng Sumber, Candirejo, Semin, alami keretakan. Sehingga tiga rumah yang berada di wilayah setempat terancam tertimpa material longsor.

Informasi yang dihimpun Gunungkidulpost.com menyebutkan, kejadian itu terjadi pada Senin (5/12/2016) sekitar 14.00 Wib, ketika di wilayah tersebut dilanda hujan sejak beberapa hari yang lalu. Diduga tanah itu tidak kuat menahan guyuran hujan, sehingga alami keretakan.

“Tanah retak sepanjang 20 meter dan ketinggian sekitar 7 meter,” kata Kapolsek Semin, AKP Agus Surono.

Agus menjelaskan, retaknya tanah tersebut  berpotensi mengalami longsor. Sehingga mengancam tiga rumah milik Yoto Suwito (72), Latimin (50) dan  Daryadi (55).

“Kalau milik Pak Yoto berada diatas bukit, bila terjadi longsor ikut roboh dan menimpa dua rumah yang berada dibawahnya,” ujarnya.

Agus menjelaskan, meskipun tidak ada kerugian, namun pihaknya sudah lakukan berkoordinasi dgn perangkat desa agar ditindak lanjuti. 

“Warga yg potensi kena dampak bila longsor, kita himbau untuk mengungsi di tempat keluarga maupun tetangga,” pungkasnya. (Nena)

Related Post