Tangkapan Melimpah, Kartomarmo Jadi Ikan Terfavorit

52 views

Gunungkidulpost.com – Tanjungsari – Hasil tangkapan ikan oleh nelayan yang ada di Pantai Baron, Desa Kemadang, Tanjungsari melimpah ruah.

Pasalnya dalam kurun waktu sepekan, hasil panen tangkapan jenis ikan kartomarmo mulai meningkat dibanding dengan hari-hari biasa.

Selain kartomarmo, banyak jenis yang dapat mereka tangkap mulai dari tongkol lisong, kakap merah, cumi-cumi, sotong hingga gurita.

Namun Kartomarmo masih menjadi ikan favorit masyarakat Gunungkidul. Ikan tersebut berbentuk kecil tidak lebih dari tiga ruas jari orang dewasa, berwarna perak mengkilap, serta berbentuk sedikit oval.

Ketua nelayan pantai Baron, Sumardi mengatakan ikan tersebut populer dikalangan masyarakat Gunungkidul satu hari dapat menangkap kartomaro puluhan kilo ketika musim tangkap ikan seperti kali ini.

“Dari nelayan langsung kami jual di Tempat Pelelangan Ikan (TPI), kartomarmo paling diburu masyarakat sini (Gunungkidul),” katanya, Minggu (30/9/2018).

Ia mengatakan ikan tersebut sangat mudah untuk dimasak mulai dari digoreng biasa, dibuat sup, dan masih banyak olahan lagi.

“Ikan ini gampang dimasaknya, kalau digoreng hingga kering tulangnya dapat dimakan, bahkan kepala dari ikan ini (Kartomarmo) dapat dimakan juga,” ucapnya.

Sumardi mengatakan dalam satu harinya para nelayan bisa mendapatkan puluhan kilogram kartomarmo, dan langsung mereka jual di TPI. Di TPI Pantai Baron banyak yang menawarkan ikan tersebut.

Ia mengatakan dari nelayan dijual ke TPI dengan harga Rp 10 ribu hingga Rp 12 ribu, tergantung hasil tanggkapannya.

“Memang ikannya musiman tidak setiap hari dapat, menjelang m usim hujan seperti ini biasanya tangkapan banyak tidak hanya kartomarmo saja,” paparnya.

Sementara itu, salah seorang pengunjung pantai Baron, Adi Wijaya mengatakan, ikan Kartomarmo menjadi ikan favorit mereka. Dibandinglan dengan jenis ikan laut lainnya, Kartomarmo paling renyah sehingga membuat dirinya harus memburu hingga ke Pantai Baron.

“Sejak dulu saya paling suka ikan Kartomarmo. Ini mumpung banyak tangkapan ikan saya membeli 3 kg untuk dimasak dirumah,” ucap Adi. (Heri)

Related Post