Tari Jaranan Dan Ganongan Sukses Hipnotis Ratusan Warga Kemadang

210 views

Gunungkidulpost.com – Tanjungsari – Upaya untuk melestarikan kesenian tradisional sekaligus persiapan menyongsong hari Kemerdekaan Indonesia di Dusun Pucung, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari menyajikan kesenian tradisional seperti tari jaranan ximplah kreasi baru dan tarian ganongan.

Acara yang di gagas Karangtaruna desa Pucung dan komunitas Garuluku di desa setempat sangat menggugah warga untuk menyaksikan pementasan pertunjukan yang di gelar Sabtu malam (13/7/2017).

Ketua panitia acara, Gede Gobind mengatakan,kegiatan ini digelar sebagai upaya bersama karangtaruna guna melestarikan kesenian, adat tradisi desa setempat.

“Sebagai awal persiapan menyambut perlombaan menyongsong geliat HUT RI kami menyuguhkan pertunjukan gelar budaya ini,” ungkapnya.

Gede Gobind menambahkan, selain sebagai rangkaian penghibur warga, dirinya berharap giat ini sebagai sarana memersatukan kawula muda serta memupuk nilai adat budaya tradisi khususnya di Desa Kemadang.

“Yang paling penting sebagai sarana mempertahankan persatuan dan kesatuan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tanjungsari, Sutono mengaku sangat mendukung dengan adanya acara pentas kesenian tersebut. Dengan pementasan tersebut, sekaligus bertujuan untuk memupuk cinta akan tradisi warisan budaya.

“Sangat kami apresiasi. Saya sangat mendukung acara yang dikonsep oleh pemuda pemudi. Nguri-uri adat kebuadayaan sangat panting untuk lebih mengenalkan kepada masyarakat luas,” ucap Sutono. (G1)

Related Post