Tarif Naik, PLN Janji Pelayanan Akan Lebih Baik

image

Kantor PLN Wonosari. (Foto: Sus)

Gunungkidulpost.com – Wonosari –  Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali melakukan penyesuaian tarif listrik untuk golongan 900 Volt Amper (VA).

Ini merupakan salah satu kebijakan pemerintah untuk menerapkan subsidi tepat sasaran. Penyesuaian tarif untuk golongan 900 VA dilakukan secara bertahap mulai Januari sampai Mei 2017 ini.

Manager PT. PLN Wonosari, Didik Supriyadi mengatakan, penyesuaian tarif sudah dilakukan secara bertahap. Hanya saja tidak semua masyarakat merasakan penyesuaian tarif tersebut.

“Tidak semua yang memasang listrik dengan daya 900 VA mengalami penyesuaian tarif, hanya sebagian saja  dan bagi rumah tangga yang masuk ke dalam golongan rumah tangga tidak mampu tentu masih memperoleh subsidi dari PT. PLN,” ucap Didik kepada Gunungkidulpost.com, Kamis,(4/05/2017).

Lebih lanjut, Didik menjelaskan bahwa Berdasarkan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) pihaknya bisa menentukan mana yang harus mendapatkan subsidi listrik dan mana yang harus mengalami penyesuaian tarif dari PLN.

“Untuk wilayah Gunungkidul dari 47.500 rumah tangga yang memasang listrik golongan 900 VA ada 10.400 rumah tangga yang terdaftar sebagai keluarga tidak mampu, sehingga mereka masih mendapatkan subsidi, sedangkan untuk sisanya merekalah yang mengalami penyesuaian tarif,” bebernya.

Adapun penyesuaian tarif terjadi mulai Januari 2017 yaitu dari biaya yang sebelumnya hanya 605/kWh menjadi 791/kWh. Untuk tahap kedua yaitu bulan Maret, tarif menjadi 1034/kWh. Dan yang terakhir di buan Mei ini tarif menjadi 1350/kWh. 

“Mengenai penyesuaian tarif ini tentunya semua juga sudah ada undang- undangnya, dan PLN hanya menjalankan apa yang sudah di tetapkan oleh pemerintah,” tuturnya.

Dia menambahkan, penyesuaian tarif ini telah di atur dalam Peraturan Mentri (Permen) ESDM No 28 tahun 2016 tentang tarif tenaga listrik yang di sediakan oleh PT.PLN (Persero).
Meski sementara tak sedikit masyarakat yang mungkin mengeluh dengan adanya penyesuaian tarif ini. 
Pihaknya berharap semua bisa memahami bahwa inilah peraturan pemerintah, yang tentu sudah ada pertimbangan kusus sebelum di tetapkan sebuah aturan.

“Dengan meningkatnya biaya listrik per KWh PLN akan mengimbangi dengan pelayanan yang lebih baik, sehingga nantinya tidak akan mengecewakan masyarakat,” pungkasnya. (R1)

Posted from WordPress for Android

Related Post