Tekan Angka Kemiskinan, Pak Menteri Dorong Perkembangan BUMDes

56 views

Gunungkidulpost.com – Playen – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) mendorong Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk bekerjasama dengan pihak swasta maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Hal itu dimaksudkan agar terus maju dan berkembang untuk mendongkrak perekonomian masyarakat.

Menterian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) Eko Putro Sandjojo mengatakan, pihaknya terus mendorong BUMDes untuk mebih berkembang dengan cara menggandeng pihak swasta maupun BUMN.

“Saya sudah bertemu dengan masyarakat Gunungkidul untuk sharing apa saja yang sudah dilakukan pemerintah 4 tahun ini,” katanya kepada wartawan saat menghadiri dialog nasional, di GOR Siyono, Playen, Selasa (31/7/2018).

Ia mengatakan dana desa tahun depan dapat bertambah. Saat ini presiden jokowi telah menggelontorkan dana desa sebesar Rp 180 Trilliun lebih untuk memenuhi kebutuhan desa.

Sehingga pertumbuhan dan kemajuan diharapakan dapat semakin tampak.

“Beliau (Presiden Jokowi) berpesan agar dana desa tetap dikawal dalam penggunaannya, agar bisa bermanfaat bagi pembangunan di desa-desa,” paparnya.

Menurut Eko Putro Sandjojo mengungkapkan dalam kurun waktu empat tahun pemenafaatan dana desa telah memperliahtkan hasilnya seperti pengurangan angka kemiskinan.

“Kemiskinan di desa menurun drastis baru kali ini Indonesia angka kemiskinan menyentuh single digit yaitu 9,8 persen,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul Badingah mengatakan telah membuat program terkait dengan pengembangan BUMDes. Hingga saat ini ada sekitar 90 BUMDes di Gunungkidul yang siap untuk membantu pertumbuhan dan peningkatan perekonomian masyarakat.

“Kami telah mencanangkan program 1 desa 1 bumdes sekarang sudah terbentuk kurang lebih 90 Bumdes di seluruh Gunungkidul. Kami harap dengan adanya BUMDes ini mempu membantu pendapatan dan perekonomian,” papar Badingah. (Bayu)

Related Post