Tekan Kecelakaan, Dishub Gunungkidul Tambah Penerangan Jalan

image

Gunungkidulpost.com – Wonosari -Dinas Perhubungan (Dishub) Gunungkidul akan berencana menambah lampu Penerang Jalan Umum (PJU) di sejumlah ruas jalan di Gunungkidul. Penambahan lampu penerangan tersebut bertujuan guna mengurangi resiko kecelakaan di sekitar lokasi yang masih kekurangan lampu penerangan, khususnya pada saat malam hari.

Kepala Dinas Perhubungan Gunungkidul Syarief Armunanto mengatakan, penambahan lampu PJU sudah dipetakan di titik-titik tertentu. Adapun jumlahnya mencapai ratusan titik, salah satunya berada di poros jalan Sodong, Desa Karangasem, Kecamatan Paliyan.

“Di titik ini akan dipasang enam lampu PJU tenaga surya, karena masih sangat minim sekali penerangan” katanya Jum’at (7/7/2017).

Dia menjelaskan, pemasangan lampu ini bertujuan mengurangi resiko kecelakaan khususnya pada saat malam hari. Rencananya penambahan fasilitas tersebut dilakukan setiap tahunnya. Namun demikian, lanjut Syarief, upaya penambahan harus dikoordinasikan dengan Pemerintah Provinsi maupun pusat.

“Kita tidak bisa bekerja sendiri karena ini menyangkut status jalan. Kalau jalan itu statusnya milik provinsi, maka pemasangan harus melibatkan Pemprov,” katanya.

Menurut Syarief, untuk tahun ini rencananya ada penambahan PJU dari Pemerintah DIY sebanyak 52 titik dan pusat sebanyak 12 titik. Sedang untuk pemkab melakukan penambahan PJU sebanyak 93 titik yang tersebar di seluruh Kecamatan.

“Kami akan terus berusaha, meski sudah ada penambahan, namun jumlah itu belum mampu menerangi di seluruh wilayah,” ujarnya.

Lebih jauh dikatakan Syarief, untuk memaksimalkan keberadaan PJU, dinas perhubungan membuat terobosan dengan melakukan kerjasama dengan Unit Pelayanan Teknis (UPT) Balai Latihan Kerja.

Menurut dia, kerjasama dilakukan dengan jalan BLK membuat tiang PJU, sedangkan Dinas menyediakan perlengkapan lainnya seperti lampu penerangan hingga masalah kelistrikan.

“Sudah kami komunikasikan dan Badan Keuangan Aset Daerah juga telah memberikan lampu hijau untuk pelaksanaan program,” imbuhnya. (Heri)

Posted from WordPress for Android

Related Post