Terapi Berhenti Merokok, Pemkab Ajak Warga Taat Aturan

image

Pemkab Menggelar Sosialisasi Berhenti Merokok. (Foto: Santi)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Untuk memperingati hari tanpa tembakau sedunia yang jatuh pada 31 Mei 2017 mendatang, Dinas Kesehatan Gunungkidul mengadakan seminar yang bertemakan “Pengendalian Konsumsi Rokok Melalui Terap Berhentii Berhenti Merokok” pada Selasa, (23/5/2017) di Bangsal Sewokoprojo Gunungkidul.

Hadir dalam seminar ini Badingah, Bupati Gunungkidul, Sujoko, Plt Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, dan dr. Orizaly Hikman, Praktisi Konseling dari Universitas Muhamadiyah Yogyakarta.

“Kita mengundang 325 orang yang terdiri dari kalangan OPD terkait lintas sektor, Organisasi keagamaan, tenaga kesehatan Puskesmas dan unsur siswa SMK/SMA untuk mengikuti seminar ini,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Sujoko kepada Gunungkidulpost.com.

Sementara itu, Badingah menyampaikan bahwa dalam undang-undang No.36 tahun 2009 tentang kesehatan disebutkan bahwa kesehatan merupakan hak bagi setiap rakyat dan upaya untuk mewujudkan kesehatan tersebut  harus dilaksanakan bersama-sama antar pemerintah dan masyarakat.

“Upaya untuk mewujudkan derajad kesehatan tersebut bisa melalui berbagai upaya yaitu promotif, preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif dan rehabilitatif,” jelasnya.

Kegiatan seminar ini dilakukan dalam rangka mendukung pelaksanaan Peraturan Daerah (Perda) No.7 tahun 2015 tentang kawasan tanpa tokok, beserta Peraturan Bupati (Perbub) No. 69 tahun 2015 tentang petunjuk pelaksanaan Perda Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Kabupaten Gunungkidul ini. (Santi)

Posted from WordPress for Android

Related Post