Terapkan E-Tilang, Pelanggar Tak Harus Dipersidangan

image

Foto: Dok.Sat Lantas Polres Gunungkidul

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Sejak Maret 2017 ini Gunungkidul telah menetapkan sistem E-tilang bagi pengguna jalan yang melanggar tata tertib berkendara dan berlalu-lintas baik motor maupun pengendara mobil.

Hal ini dilakukan oleh pihak kepolisian untuk mempermudah para pelanggar dan mempercepat prosesnya sehingga tidak harus sampai persidangan, selain itu bisa juga untuk menghindari praktek suap menyuap dalam penindakan pelanggaran lalu lintas. 

“Sebab dengan penindakan tersebut,pelanggar harus membayar denda tilang langsung ke bank yang ditunjuk,” kata Panit Turjawali Polres Gunungkidul, Ipda Johan Rinto Damar Jati, kepada Gunungkidulpost.com, Sabtu (6/5/2017).

Tidak ada lagi yang namanya titipan untuk bayar denda. Pembayaran langsung dilakukan oleh pelanggar.

“Seluruh pelanggar ditilang menggunakan model elektronik namun demikian, pelanggar tetap diberikan pilihan apakah akan menjalani sidang atau langsung membayar denda ke bank,” jelasnya.

Lebih lanjut, Johan menjelaskan bahwa bagi yang memilih sidang, petugas akan tetap memberi lembar merah dan dicatat dalam e- tilang.  Selain itu, pelanggar juga akan diberi nomor BRI Virtual akun untuk pembayaran dendanya.

Adapun bagi yang tidak memilih sidang cara pembayarannya adalah dengan cara, pelanggar membayar langsung di teller BRI dengan menunjukan nomer briva yang ditulis oleh petugas di lembar tilang. Pelanggar juga bisa membayar lewat ATM di menu pembayaran, lanjut menu lain-lain.

“Di menu lain- lain, nanti pilih menu briva, lanjut denda dan jenis pelanggaran yang sudah tertera di layar, baru setelah itu pilih menu bayar,” imbuhnya.

Setelah melakukan pembayaran di teller maupun di ATM, struk dibawa untuk bukti pembayaran dan bisa langsung di gunakan untuk mengambil barang bukti yang di sita petugas.

“Ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan yang dilakukan oleh pihak kepolisian, kami akan terus berbenah dan tetap memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,” pungkasnya. (R1)

Posted from WordPress for Android

Related Post