Terapkan Irigasi, Petani Gunungkidul Lebih Makmur

image

Foto: istimewa

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Puluhan petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Sumber Makmur di Padukuhan Ngalihan, Desa Pulutan, Kecamatan Wonosari telah berhasil melaksanakan panen raya, Sabtu,(13/5/2017).

Panen perdana padi diatas lahan seluas 5 hektar tersebut mampu menghasilkan sebanyak 30 ton lebih.

Kepala Dinas Pertanian Gunungkidul, Bambang Wisnu Broto mengatakan, kegiatan panen perdana padi jenis IP200 termasuk dalam musim hujan Ke II. Dan hasilnya per 1 hektar mampu mengasilkan 6,05 ton.

“Dengan Hasil panen gabah kering ini akhirnya mamapu menyejahterakan para petani,” katanya kepada Gunungkidulpost.com.

Menurut Bambang, meski tanah di Gunungkidul terkenal dengan tanah kering dan tandus namun jika dikelola dengan baik dan saluran irigasi diitamakan hasilnya pun akan tampak baik.

“Kondisi letak wilayah di Gunungkidul bisa untuk memajukan sektor pertanian namun harus dilandasi dengan ketekunan seperti yang dilakukan oleh kelompok tani Sumber Makmur ini,” bebernya.

Sementara itu, Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi saat menghadiri kegiatan panen raya ini mengatakan, fasilitas yang telah di berikan oleh pemerintah harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Hal itu agar bisa memakmurkan para petani dan tercapai program Swasembada Pangan di Gunungkidul.

“Pengelolaan harus lebih ditingkatkan untuk mendukung pertanian di wilayah Gunungkidul,” ucapnya.

Menurut Immawan, Gunungkidul merupakan penghasil pangan yang memiliki lahan yang luas dibanding kabupaten lainnya di DIY. Sehingga program yang telah dicanangkan bisa berjalan dengan baik.

Lebih lanjut Immawan menambahkan, yang semula setahun panen padi satu kali untuk sekarang bisa dilakukan sebanyak dua kali.

“Memang kita agak kesulitan air maka kita berupaya agar bisa menampung air lalu dialirkan ke lahan persawahan untuk di tanami padi dan terbukti di lokasi ini program bisa berjalan dengan baik. Harapan kami sistem yang telah berjalan untuk lebih ditingkatkan lagi,” pungkasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post