Terapkan Kedisiplinan Anak Lewat Program Polisi Cilik

image

Polisi Cilik Gunungkidul Berfoto di Halaman Mapolres Gunungkidul. (Foto: Istimewa)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Membangun pribadi yang disiplin pada anak-anak, tidak mudah. Sehingga orang tua perlu cara-cara tersendiri agar anak memahami disiplin dan menerapkannya pada kehidupannya sehari-hari.

Sat Lantas Polres Gunungkidul punya program khusus bagi anak-anak untuk menerapkan kedisiplinan sejak dini yang dinamakan program ‘Polisi Cilik’.

“Kami sudah mencanangkan program polisi cilik. Dasar pemikirannya untuk pembentukan karakter sejak anak-anak, sehingga besarnya itu nanti akan terbawa. Jadi untuk membentuk atau merubah ke arah lebih baik, bisa disiplin, lebih kompak dan bekerjasama,” jelas Kasat Lantas Polres Gunungkidul, AKP Samiyono kepada Gunungkidulpost.com, Kamis (4/5/2017).

Adapun sasaran dalam program polisi cilik ini adalah siswa-siswi mulai di tingkat Sekolah Dasar (SD).
Pihaknya telah memberikan pelatihan dan pembinaan terhadap anak-anak pelajar dalam rangka program polisi cilik ini. Polisi cilik ini tidak hanya diberikan pengetahuan mengenai kriminal, dan kehidupan sosial akan tetapi juga dibekali praktek yang mengarahkan pada kedisiplinan.

“Contohnya baris-berbaris, kemudian ada pengarahan apabila menyeberang di jalan raya seperti apa. Anak-anak juga diajarkan untuk tidak mudah diajak orang yang tidak dikenal sebagai upaya pencegahan kejahatan penculikan terhadap anak-anak,” jalas Samiyono.

Dengan program polisi cilik ini, diharapkan anak-anak bisa menjadi polisi bagi dirinya sendiri. Artinya, anak-anak bisa lebih waspada dan bisa menjaga dirinya sendiri ketika turun ke lingkungan sekolah atau lingkungan di luar rumahnya.

“Minimal dia bisa menjadi polisi bagi dirinya sendiri. Kita berharap dengan program ini akan terbentuk pribadi yang kuat, disiplin, mandiri dan baik. Ini perlu ditanamkan sejak dini kepada anak-anak karena mereka adalah generasi penerus bangsa,” ucapnya.

Sejauh ini, Polres Gunungkidul sudah menelurkan 1 pleton polisi cilik yang telah mengikuti Lomba Polisi Cilik di tingkat Provinsi. Meski menduduki peringkat harap l namun ini tak menjadi permasalahan. Dikarenakan tujuan pembentukan polisi kecil lanjut Samiyono bukan sekedar perlombaan akan tetapi lebih fokus dalam pembentukan karakteristik anak.

“Jadi bukan hanya sebatas lomba saja namun kita fokus dalam pembentukan karakter anak,” pungkasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post