Terbentur Undang-Undang, Puluhan Ribu RTLH Belum Diperbaiki

682 views

Ilustrasi.net



Gunungkidulpost.com – Wonosari – Di wilayah Gunungkidul terdapat sebanyak 25.000 rumah masuk kategori tak layak huni. Namun, pemerintah belum bisa mengupaya perbaikan rumah, sebab hingga saat ini masih terbentur dengan aturan undang-undang mengenai peraturan daerah.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Gunungkidul Eddy Praptono mengatakan, jika adanya penetapan RTLH ini dikuatkan dalam Surat Keputusan Bupati. Meski begitu, pihakmya telah melakukan pendataan, namun pemerintah belum bisa melakukan perbaikan, karena anggaran perbaikan tidak dialokasikan. Sebab berbenturan dengan aturan Undang-Undang No.23/2016 tentang Pemerintahan Daerah, yang menyebutkan bantuan hanya bisa diberikan kepada kelompok yang memiliki badan hukum.

“Dalam APBD 2017, kami tidak mengalokasikan anggaran untuk perbaikan tersebut. Sedangkan untuk rumah tak layak huni di Gunungkidul ada sebanyak 25.000,” katanya, Jumat (18/11/2016).

Edy menjelaskan, untuk perbaikannya, pemkab hanya mengandalkan bantuan dari pemerintah pusat. Di tahun ini saja baru ada 556 RTLH mendapatkan bantuan perbaikan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Sebab, pemkab sendiri tidak mau beresiko dalam UU No.23/2014 tersebut.

“Jadi kami tidak berani memberikan hibah sembarangan, karena sudah sesuai dengan aturan. Kalau kami menyalahi aturan bisa berdampak terhadap sanksi hukum,” pungkasnya. (Nena)

Related Post