Terbentur Aset Kepemilikan, Pemkab Masih Sebatas Mimpi Lanud Gading Untuk Penerbangan Komersial

Gunungkidulpost.com- Wonosari – Wacana Kementerian Perhubungan untuk merevitalisasi Landasan Udara Gading, Desa Gading, Kecamatan Playen sebagai penerbangan komersial nampaknya disambut baik oleh Pemkab Gunungkidul. Pasalnya upaya tersebut diyakini dapat meningkatkan di sektor perekonomian masyarakat.

Pejabat Sekretaris Daerah Gunungkidul Supartono mengaku, pemkab sendiri sudah berupaya melakukan pemanfaatan Lanud Gading sebagai penerbangan komersial. Salah satunya dengan cara melayangkan surat ke Pemerintah DIY. Meski begitu wacana tersebut belum bisa terelisasi, karena masih terbentur masalah kepemilikan aset, sehingga perlu untuk menyelesaikan masalah itu.

“Kami yakin jika Lanud Gading bisa dimanfaatkan. Kami juga sudah membuat tim guna membantu proses revitalisasinya,” katanya, Selasa (6/12/2016).

Supartono mengatakan, penerbangan komersial di Gunungkidul ini nantinya dapat meningkatkan sektor pertumbuhan ekonomi. Dari segi pariwisata, keberadaan lanud dapat mempermudah akses wisatawan, khusunya dari Bandara Adi Sutjipto yang rencana dipindah ke Kulonprogo.

“Meskipun kapasitas pesawat kecil, tapi saya yakin dampak baik cukup signifikan,” ujarnya.

Disamping itu, menurut Supartono, Lanud Gading tersebut  juga dapat mendukung distribusi sektor perikanan yang saat ini berada di Pelabuhan Sadeng. Sebab proses distribusi semakin cepat, dapat menghasilkan kualitas ikan yang lebih baik lagi. 

“Faktor – faktor itu membuat kami bermimpi agar Lanud Gading nantinya dapat dimanfaatkan,” pungkasnya. (Nena)

Related Post