Terdampak Siklon Cempaka, Sejumlah Objek Wisata Ditutup

541 views
image

Foto: Dok Gunungkidulpost.com

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dampak dari badai siklon Cempaka mengakibatkan banjir dan beberapa kawasan mengalami tanah longsor. Selain itu juga menyebabkan sejumlah objek wisata di Gunungkidul ditutup.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Hary Sukmono mengatakan, untuk sejumlah objek wisata seperti Gua Pindul, Gua Jomblang, Air Terjun Sri Gethuk, Kali Suci, dan Gua Ngingrong sementara ditutup.

“Kami akan melakukan recovery [pemulihan] dulu karena situasinya masih belum memungkinkan untuk dibuka,” katanya, Rabu (29/11/2017).

Pembukaan objek wisata tersebut juga masih belum ditentukan waktunya. Pasalnya, sejumlah objek wisata yang ditutup itu diakuinya memang bergantung pada situasi alam. Sehingga jika kondisi alam tidak memungkinkan dan terjadi cuaca buruk, maka objek tersebut tidak dapat dikunjungi. Hal itu demi menjamin keselamatan wisatawan.

Kondisi di masing-masing lokasi wisata tersebut dinilai masih membahayakan bagi para wisatawan. Seperti di Gua Jomblang yang saat ini terisi penuh oleh air. Begitu juga dengan Gua Pindul, Kali Suci, Air Terjun Sri Gethuk, dan Gua Ngingrong yang masih memilih volume air yang cukup tinggi.

Namun demikian, sejumlah objek wisata pantai masih dapat dikunjungi karena tidak terlalu banyak terdampak bencana.

“Hanya saja memang akses untuk menuju pantai sebagian masih harus diwaspadai. Seperti untuk ke Pantai Wediombo, Kecamatan Girisubo aksenya masih tertutup material longsor,” katanya. (Heri)

Posted from WordPress for Android

Related Post