Terjadi Perbedaan, Kotak Suara Baru Masih Tetap Aman

259 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Kotak suara berbahan dupleks atau karton lapis dua kedap air dinilai masih aman untuk dipergunakan dalam pelaksanaan Pemilu 2019 mendatang.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Gunungkidul saat melakukan pengecekan di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul mengklaim bahwa kotak suara yang baru masih dalam kondisi aman.

Komisioner bidang pengawasan, hubungan antar masyarakat dan hubungan antar lembaga, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Gunungkidul, Rosita mengatakan hingga saat ini kondisi kotak suara berbahan dupleks tersebut masih aman. Meski begitu pihaknya akan terus memantau.

“Kami pastikan kotak suara ini aman, karena masih empat bulan kedepankita harus benar-benar mengawasi, mengawal agar saat pemungutan suara nanti kotaknya tidak rusak,” ujar Rosita, Rabu (19/12/2018).

Untuk memastikan keamanan dan kekuatan kotak suara ini Bawaslu Gunungkidul dan KPU Gunungkidul mencoba menyiram kotak dengan air, memukul dan mendudukinya. Selain itu, pihak Bawaslu Gunungkidul juga mengecek tempat penyimpanan dan dinilai relatif aman.

Sementara itu, Komisioner Bidang Teknis KPU Gunungkidul, Andang Nugroho mengatakan memang ada perbedaan atara kotak suara yang lama yang berbahan almunium dengan yang sekarang berbahan dupleks, namun dari segi penggunaan dinilai sama saja dan lebih efisien.

Dikatakannya ada perlakuan khusus dengan Fumigasi, disemprot ruangannya agar binatang tidak mendekat dan aman. Selain itu juga ditempatkan pada panggung dan diberi papan.

“Hanya kemudian dari sisi perlindungan harus lebih safety, karena bagaimanapun juga dari dupleks harus terlindung dari rayap dan tikus,” tutup Andang. (G1)

Related Post