Terlantarkan Pasien, RSUD Wonosari Diperiksa Petugas

267 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Beredarnya kabar tentang temuan penelantaran pasien di RSUD Wonosari pada tanggal 24-26 Desember 2017 lalu, Ombusdman Republik Indonesia (ORI) DIY melakukan sidak pelayanan di lingkup RSUD.

Untuk itu ORI DIY meminta klarifikasi akibat adanya kabar kejadian melantarkan pasien.

“Investigasi ini kami lakukan karena adanya laporan dari masyarakat yang menyayangkan pelayanan kesehatan di RSUD Wonosari,” kata Kordinator Bidang Penyelesaian Laporan ORI DIY, Nugroho Andriyanto kepada wartawan, Rabu (7/2/2018).

Menurut dia, tindakan ORI tersebut sebagai mandat dari UU No 37 tahun 2008 tentang Ombusdman. Jika melihat ada persoalanan layanan publik pihak ORI memiliki wewenang untuk melakukan pemeriksaan.

“Ini tindakan meminta keterangan RSUD Wonosari terkait pemberitaan layanan kesehatan,” bebernya.

Dia mengatakan pada saat itu memang ada miss, seharusnya ada dokter yang visite (periksa) ke semua bangsal. Pada saat itu bangsal mawar tidak ada yang visite. 

Untuk itu ORI akan menganalisa keterangan yang ada, bagaimana ketentuan yang berlaku, dan nantinya mengambil kesimpulan.

“Saat ini tahapannya masih dalam rangka mengumpulkan keterangan. Kedepan hasil dari pengumpulan informasi akan kami paparkan,” tutup Nugroho.

Untuk diketahui bahwa kejadian tersebut terjadi pada salah satu pasien atas nama Zetynia Purwaningtyas, 21, warga Gadungsari, Wonosari. Pasien pada saat itu terdapat keluhan pada saluran pernafasan.

Akibat tidak adanya tindakan dari RSUD Wonosari pihak keluarga sempat melarikan ke RS Panti Rapih, Yogyakarta. Namun pada saat itu, Zetynia meninggal dunia.

Meski sudah mengikhlaskan, keluarga sempat menyayangkan tindakan dari pihak RSUD Wonosari. (Bayu)

Related Post