Ternyata Ini Alasan Utama Petani Cabai Pindah Ke Bawang Merah

164 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Sejumlah petani cabai mengurungkan niatnya untuk mengembangkan komoditas yang paling dicari oleh konsumen tersebut. Sehingga mereka beralasan untuk pindah dan menekuni tanaman bawang merah.

Selain lebih menguntungkan, faktor cuaca menjadi penyebab mereka beralih prefesi ke petani bawang merah.

Salah satu petani bawang merah Suyanto, warga Karanggumuk, Desa Karangrejek, Wonosari mengatakan pada saat cuaca seperti saat ini memang cocok untuk menanam bawang merah.

“Kemungkinan prospek tanaman bawang merah sekarang lebih bagus dari pada tahun lalu. Ini dikarenakan faktor cuaca dingin yang mendukung untuk tanaman bawang merah.” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Kamis (4/7/2019)

Suyanto juga mengatakan bahwa hasil maksimal dari panen bawang merah besuk juga tergantung dari bibitnya. Selain itu, perawatan hingga pengairan juga sangat mendukung untuk hasil panen yang terbaik.

“Kita mendapatkan bibit bawang merah tersebut dengan membeli dari Jawa Timur dengan harga Rp 30.000/kg dengan kualitas yang cukup bagus. Untuk pengairan sudah mencukupi kita beli dari sumur bor yang ada disebelah.” jelasnya.

Saat ditenya soal bantuan dari pemerintah, kelompok tani setempat enggan berkomentar banyak. Yang pasti mereka berharap tahun ini ada bantuan pertanian seperti tahun sebelumnya.

“Kalau selama ini belum ada bantuan apapuk. Namun kita harapkan dari Dinas Pertanian dan Pangan ada kucuran bantuan baik berupa bibit, pupuk, atau obat-obatan seperti tahun sebelumnya,” tutupnya. (Falentina)

Related Post