Tiap Tahun KUA Gonta Ganti Stempel

image

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Gunungkidul meminta masyarakat untuk waspada pasca maraknya pemalsuan buku nikah yang terjadi di beberapa wilayah.

Kepala Seksi Bimas Kantor Kemenag Gunungkidul, Mukotib mengatakan, untuk menjaga keaslian buku nikah pihaknya mengubah stempel setiap tahunnya.

“Salah satu upaya kami menjaga keaslian buku nikah dengan mengganti stempel tiap tahunnya,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Kamis (18/5/2017).

Dia menuturkan, berganti stampel wajib dilakukan demi menjaga identitas KUA dari orang tidak bertanggung jawab yang akan melakukan pemalsuan buku nikah. Peredaran buku nikah palsu pernah terjadi namun tidak diwilayah Gunungkidul.

“Siapapun yang terbukti terlibat dalam pemalsuan buku nikah akan ditindak melalui jalur hukum,” paparnya.

Sementara itu, Kasubag Humas Polres Gunungkidul, Iptu Ngadino mengatakan, selama dua tahun terakhir ini belum pernah menangani kasus pemalsuan buku nikah. Meski ada kasus pemalsuan dokumen namun bukan buku nikah melainkan surat dokumen lainnya.

“Jika ada pelaku pemalsuan akan kami tindak tegas. Dengan dijerat pasal 263 KUHP atau 264 KUHP tentang pemalsuan surat dengan ancaman 7 tahun penjara,” tegas Ngadino. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post