Tidak Tertera Dalam SOTK, DKP Akan Dihapus


Gunungkidulpost.com – Wonosari – Upaya mempertahankan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) diprediksi akan kandas. Pasalnya Kementerian Dalam Negeri bertolak belakang dengan keinginan Pemkab Gunungkidul, dimana tidak menginginkan adanya DKP dalam Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK).

Wakil Ketua DPRD Gunungkidul, Supriyadi mengatakan, bahwa keinginan Kementarian Dalam Negeri sangat bertolak belakang dengan keinginan Pemkab yang akan mempertahankan DKP. Hal itu lantaran DKP merupakan wewenang pemerintah provinsi, sehingga didaerah tidak perlu dinas tersebut.

“Kemendagri meminta agara DKP ditiadakan,” ucapnya kepada Gunungkidulpost.com, Senin (5/9/2016).

Dia menjelaskan, adanya masukan ini akan berdampak terhadap keberadaan bidang peternakan. Lantaran wacana Pemkab bidang peternakan akan disatukan DKP. Dengan adanya keputusan dari Kemendagri, bidang peternakan akan dikembalikan ke usulan awal dimana akan menyatu ke Dinas Pertanian dan Pangan.

“Ya nanti akan kembali ke usulan awal, bidang peternakan akan jadi satu dengan Dinas Pertanian Pangan,” ujarnya. 

Supriyadi menambahkan, masukan dari kemendagri ini akan dijadikan bahan evaluasi terhadap perda kelembagaan yang baru. “Kita tunggu hasil evaluasi dari Gubernur turun,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post