Tiga Destinasi Wisata Bakal Dikenakan Tarif Retribusi

image

(Foto: Dok Gunungkidulpost.com)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Tiga lokasi wisata di Gunungkidul kini dikenakan tarif masuk atau retribusi.
Setiap wisatawan yang hendak berkunjung ke tempat tersebut wajib membayarkan uang retribusi.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Harry Sukmono, mengatakan, ketiga destinasi wisata tersebut yakni Pantai Ngeden yang terletak di Dusun Bedalo, Desa Krambilsawit, Kecamatan Saptosari; Embung Batara Sriten,di Desa Pilangrejo, Kecamatan Nglipar, dan Pantai Watu Gupit yang terletak di Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari.

Ia mengatakan setiap wisatawan yang hendak berkunjung di ketiga objek wisata tersebut akan dibebankan retribusi sebesar Rp4.500 ditambah asuransi Rp 500. Retribusi akan diterapkan pada liburan Natal dan Tahun Baru mendatang.

“Fasilitas, sarana dan prasarana penunjang wisata di tiga objek wisata tersebut sudah memenuhi syarat sehingga dapat ditarik retribusi,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Senin (28/8/2017).

Dirinya mengatakan, selama ini tiga destinasi wisata tersebut dikelola swadaya oleh masyarakat, namun akhirnya dialihkan untuk menambah PAD Pemkab Gunungkidul dari pariwisata.

Ia mengatakan, selain menarik retribusi pemkab juga akan menambah sejumlah fasilitas pendukung seperti di pembangunan jalan sepanjang tujuh kilometer menuju Embung Batara Sriten.

“Kami akan perbaiki nanti karena kondisi jalan yang tak cukup baik untuk dilalui. Tempat lain juga akan ditambah sarana prasarana,” bebernya.

Dia menambahkan, peraturan Bupati terkait retribusi sedang dibuat.
Dinas Pariwisata Gunungkidul tengah berkoordinasi dengan Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Gunungkidul untuk penerbitan alat pungut. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post