Tiga Murid SMP Jalani Ujian Nasional Di Lapas

195 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Sebanyak tiga siswa harus rela mengerjakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP/MTS di Lembaga Permasyarakatan Khusus Anak (LPKA) tingkat II B Wonosari, Gunungkidul, Senin (23/4/2018).

Tak seperti murid SMP pada umumnya, mereka harus mengerjakan soal dengan kertas lembar soal dan lembar jawaban.

Satu di antara tiga orang telah menjalani ujian pada pagi hari disusul dengan dua orang yang melakukan pada siang hari, ketiga siswa tersebut berasal dari Bantul, Kulonprogo dan Sleman

Sebanyak dua orang mengerjakan di aula terbuka dan dijaga oleh dua orang pengawas dan beberapa petugas dari LPAK.

Kepala Subsesi Pendidikan dan Bimkesmas LPKA Rutan Klas II B Wonosari, Setiyawan Nugroho Endiyanto, mengatakan ketiga anak tersebut telah didaftarkan oleh sekolah, lalu terjerat kasus pidana.

“Ketiga orang tersebut telah didaftarkan oleh sekolahnya kami pihak lapas hanya memfasilitasi anak untuk tetap melaksanakan ujian,” jelasnya saat ditemui wartawan.

Pihak LPKA pun tetap berkoordinasi dengan sekolah untuk melakukan persiapan maupun pelaksanaan ujian.

“Kami telah berkoordinasi dengan sekolah maupun orangtua anak dalam persiapan ujian,” ungkapnya.

Endiyanto menambahkan, untuk kegiatan belajar mengajar (KBM) di LPKA dilaksanakan pada pukul 08.30 hingga 11.00 tiap harinya.

“Kami juga memberikan ketrampilan lainnya seperti musik, perikanan, bahkan beberapa waktu lalu kami mengundang pengusaha jasa pencucian sepatu untuk mengajarkan anak-anak cara mencuci sepatu,” pungkasnya. (Bayu Prihartanto)

Related Post