Tiga Titik Mata Air Segera Dibor

image

Foto: Istimewa

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul tengah memproyeksikan tiga titik mata air baru yang akan segera dilakukan pengeboran. Tiga sumber tersbeut nantinya diharapkan mampu mengantaskan kekeringan yang melanda wilayah pesisir Gunungkidul.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat dan kawasan Pemukiman Kabupaten Gunungkidul Edy Praptono mengatakan, ada tiga titik yang akan dilakukan pengeboran. Mata air tersebut mempunyai potensi melimpah dan berkualitas seperti di kecamatan Wonosari, Karangmojo, dan Playen.

“Pengelolaan ini bekerjasama dengan Balai Besar Wilayah Sungai Progo Opak Serang (BBWS POS). Namun upaya tersebut harus mendapat izin dan rekomendasi dari pemerintah pusat,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Rabu (23/8/2017).

Dia menurutkan, pengeboran hanya dapat dilakukan didaerah-daerah tertentu saja. Pengeboran belum dapat dilakukan pada daerah kering. Sehingga pemenuhan air bersih didaerah kering hanya dapat dilakukan dengan memanfaatkan sumber air sungai bawah tanah yang sudah ada.

“Tidak asal melakukan pengeboran, karena jika terus dilakukan pengeboran maka potensi kehilangan mata air juga besar,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul Badingah mengatakan, pencarian sumber mata air baru terus dilakukan. Pihaknya terus bekerjasama dengan BBWS POS untuk pencarian sumber air alternatif melalui penambahan pengeboran.

“Kami sudah melakukan survey di wilayah-wilayah yeng memiliki potensi mata air yang sangat besar,” ucapnya.

Badingah menambahkan, Pemkab telah melakukan pernyataan modal sebesar Rp 7,8 miliar kepada PDAM Tirta Handayani demi mendukung upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat.

“Kami telah siapkan dana anggaran untuk PDAM dan harapan kami dapat memenuhi kebutuhan masyarakat,” pungkasnya. (Heri)

Posted from WordPress for Android

Related Post