Tim Gabungan Masih Terus Melanjutkan Penelitian Disitus Goa Braholo

258 views
image

Tim Terus Melakukan Penelitian Di Goa Braholo, Desa Semugih, Rongkop. (Foto: Ist)

Gunungkidulpost.com – Rongkop – Tim gabungan yang terdiri dari Tim peneliti dari Pusat Arkeologi Nasional (Arkenas), Balai Arkeologi Yogyakarta, dengan mahasiswa UGM masih terus dilanjutkan di situs Cagar Budaya Gua Braholo, di Desa Semugih, Kecamatan Rongkop, Gunungkidul, Kamis (26/10/2017).

Dari hasil penemuan masih didominasi oleh fragmen tulang belulang hewan.

Peneliti dari Balai Arkeologi Yogyakarta, Alifah, yang juga seorang peneliti yang ikut terjun dalam ekskavasi mengatakan, tim peneliti yang terdiri dari peneliti dari Pusat Arkeologi Nasional (Arkenas), Balai Arkeologi Yogyakarta, dibantu sejumlah oleh mahasiswa arkeologi Unversitas Gadjah Mada masih melanjutkan penggalian.

Beberapa waktu ini, belum ada temuan yang signifikan.

Penggalian atau ekskavasi yang dilakukan oleh tim peneliti banyak menemukan fragmen tulang belulang fauna purba, kerang laut, dan pecahan manik-manik di dalam situs.

“Sebagian besar temuan kini baru sekedar fragmen yang cukup banyak,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Kamis (26/10/2017).

Lanjutnya, temuan-temuan tersebut kemudian akan diteliti terlebih dahulu, untuk mengetahui bentuk sesungguhnya, ataupun umur dari benda yang diperkirakan sudah ada sejak ribuan tahun lalu tersebut.

“Kami akan bawa dahulu untuk di analisis dan diteliti lebih lanjut,” ujar Alifah.

Alifah menuturkan, penggalian di situs Gua Braholo sudah dilakukan sejak 9 Oktober 2017 lalu, dan diperkirakan akan selesai pada 2 November 2017 mendatang.

“Penggalian masih terus dilanjutkan sampai awal november, tim peneliti juga dibantu oleh beberapa warga di sini,” ujarnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post