Tim Saber Pungli Punya Jurus Baru

331 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Gunungkidul terus berupaya menggelar sosialisasi dalam rangka pencegahan tindakan pungutan liar.
Wakil Ketua Tim Saber Pungli Gunungkidul, Sujarwo mengatakannya, pihaknya belum mengetahui terkait dengan enam laporan pungli yang masuk ke Polda DIY. Menurut dia, dari pelaporan bisa dilakukan di mana saja, tanpa harus melihat wilayah.

“Mungkin laporan itu langsung ke pusat dan tidak melalui hotline Saber pungli Gunungkidul,” katanya kepada wartawan, Jumat (26/1/2018).

Menurut dia, untuk dugaan pungli sempat muncul, khususnya berkaitan dengan pengurusan prona yang dilakukan desa. Namun hal itu terjadi karena kurangnya pemahaman dari masyarakat yang menganggap kepengurusan gratis.

“Padahal itu tidak gratis. Ini yang harus disosialisasikan karena ada beberapa proses pengajuan yang harus bayar karena sudah ada Surat Kesepakatan Bersama tiga menteri,” ucapnya.

Sujarwo mengatakan, kinerja dari tim saber lebih mengedepankan upaya pencegahan. Hal ini dilakukan dengan menggelar sosialisasi secara rutin. Diharapkan dengan kegiatan tersebut, pelayan masyarakat dapat memahami bahwa pungutan di luar aturan merupakan tindak pidana.

“Kami rutin menggelar rapat koordinasi internal untuk membahas upaya pencegahan praktik pungli di Gunungkidul,” pungkasnya. (Bayu)

Related Post