Tinggal Beberapa Langkah Lagi Lanud Gading Jadi Bandara

506 views
image

Gedung Utama Lanut Gading. (Foto: Istimewa)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Mengenai rencana pembangunan Bandara Perintis Gading di Desa Gading, Kecamatan Playen, TNI-AU sebagai pihak yang berwenang atas Lapangan Udara (Lanud) tersebut menyatakan siap. Komunikasi dengan Kementerian Perhubungan dan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul pun terus intensif dilakukan.

Komandan Lanud (Danlanud) Adisutjipto, Marsma Novyan Samyoga mengatakan pihaknya siap mendukung rencana pembangunan bandara perintis oleh Kementerian Perhubungan.

“Komunikasi dengan Kementerian Perhubungan terus kami lakukan. Prinsipnya TNI AU siap,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Minggu (22/10/2017).

Untuk mewujudkan Lanud Gading menjadi sebuah bandara perintis, kendali utama ada di pihak Kementerian Perhubungan. Penambahan sarana dan sarana penunjang untuk bandara perintis mutlak harus dilakukan. Misalnya adalah kelengkapan alat navigasi dan landasan pesawat yang harus memenuhi standar operasional.

“Jadi ini sebenarnya bolanya itu ada di Kementerian Perhubungan, bukan di kami,” ujarnya.

Menurut Novyan saat ini pihaknya sebagai pemilik lahan hanya tinggal menunggu pihak-pihak terkait untuk bergerak. Semua pihak mulai dari Kementerian Perhubungan, Pemerintah Daerah (Pemda) DIY, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul harus bergerak bersama.

Namun memang pihaknya dapat memaklumi jika rencana pembangunan bandara perintis sedikit tersendat. Pasalnya memang saat ini Kementerian Perhubungan dan Pemda DIY sedang fokus untuk mengerjakan pembangunan bandara di Kabupaten Kulonprogo.

“Kementerian Perhubungan sendiri sekarang ini memang sedang fokus untuk pembangunan bandara di Kabupaten Kulonprogo. Maka dari itu kami manfaatkan untuk berbagai kegiatan seperti kegiatan kedirgantaraan dan juga otomotif,” jelasnya. (Heri)

Posted from WordPress for Android

Related Post