Tinggal Dirumah Tua, Mbah Ngadirah Tetap Bertahan Hidup

296 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari –
Ngadirah (70) warga Dusun Gari, Kelurahan Gari, hidup sendirian. Ia
tidak memiliki saudara yang tinggal di dekat rumahnya membuat dirinya harus tetap berjuang hidup di usia senjanya.

Sehari-hari mbah Ngadirah bekerja serabutan, seperti membersihkan ladang di sekitar rumahnya, namun akhir-akhir ini dirinya sudah tak sanggup bekerja seperti dulu lantaran sudah terlalu tua.

Ia dulunya bekerja di pabrik percetakan genting tak jauh dari rumahnya, ia juga pernah bekerja sebagai pencari pasir di Sungai Oya saat dirinya masih mampu bekerja.

Suasana di dalam rumah cenderung gelap, lantanyai berupa cor semen.
Di tengah ruangan terdapat meja dan kursi tamu yang telah usang.

“Ya seperti ini keadaan saya,” ujar Ngadirah, Kamis (17/1/2019).

Ia mengaku untuk saat ini kebutuhan sehari-hari dirinya dibantu oleh saudara dan tetangga sekitarnya.
Dirinya tak banyak bicara hanya terduduk pada sebuah tempat tidur yang sekelilingnya dipasang kain tipis agar nyamuk tak masuk saat ia tidur.

“Dulu sempat kerja cari pasir di Sungai Oya tetapi sudah berhenti lumayan lama karena kondisi tubuh saya yang sudah tidak sanggup,” ucap Ngadirah.

Satu di antara tetangga Kasno, mengatakan setiap harinya tetangga sekitar bergantian menjenguk mbah Ngadirah, hanya untuk sekedar menemani mbah Ngadirah agar tak merasa kesepian. Namun para tetangga juga kerap kali membantu memberikan makanan.

“Tiap hari ada yang menjenguk kasian kalau sendirian, sambil membawakan makanan seadanya,” ucapnya.

Kabar tersebut berhembus hingga Polda DIY, Wakapolda DIY, Brigjen Pol. Bimo Anggoro Seno mendatangi rumah Ngadirah langsung bersama jajaran Polda DIY, dan memberikan bantuan terhadap Mbah Ngadirah.

Bimo mengatakan, kegiatan kali ini sekaligus dalam rangka Millenial Road Safety Festival, dalam kegiatan tersebut akan diadakan sosisalisasi safety riding dan bakti sosial.

Sosialisasi safety riding menyasar kepada anak-anak usia sekolah bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas.

“Kalau untuk baksos tiap minggunya Polda DIY selalu melakukan kegiatan baksos, yang dilakukan berkeliling tak hanya Gunungkidul tetapi juga kabupaten lainnya di DIY. Untuk hari ini khusus dari Polantas dalam rangka Millenial Road Safety,” katanya.

Sementara itu, Direktur Ditlantas Polda DIY, Kombes Pol. Tri Julianto Djati Utomo mengatakan Baksos yang dilakukan di Gunungkidul ini tak hanya menyasar Ngadirah saja tetapi ada dua orang lagi yang akan diberikan bantuan.

“Ada 3 orang yang disasar di Gunungkidul ini, semua berada di Desa Gari,” ucapnya. (G1)

Related Post