Tingkatkan Pariwisata, Festival Dolanan Anak Dan Jajanan Pasar Akan Digelar Di Rest Area Bunder

163 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) dan Dinas Pariwisata Gunungkidul akan menyelenggarakan Festival Jajanan Pasar & Dolanan Anak Gunungkidul 2019.

Diadakannya acara tersebut untuk menggali kuliner khas dan juga melestarikan dolanan anak yang ada di Kabupaten Gunungkidul.

Ketua Panitia, Edo Sunardiono menuturkan, kegiatan tersebut akan digelar di Rest Area Bunder, Patuk, Gunungkidul, pada hari Minggu, 27 Oktober 2019. Tujuannya untuk mengidentifikasi potensi kuliner khususnya jenis – jenis jajanan pasar dan minuman tradisional Gunungkidul.

“Kita mengajak masyarakat mengenal, mencintai dan melestarikan kuliner tradisional Gunungkidul, dan memberdayakan masyarakat dan membantu jejaring antara produsen serta konsumen,” paparnya, Jum’at, (11/10/2019).

Menurut Sunardiyono, kekayaan kuliner harus dilestarikan dan dikemas sehingga menjadi daya tarik bagi konsumen. Di setiap kecamatan di Gunungkidul, tentu memiliki kuliner yang khas, unik, menarik dan bercita rasa yang tidak dijumpai di Kecamatan lain.

“Tidak hanya mampu untuk memberdayakan masyarakat tapi juga menjadi identitas dan kebanggaan Gunungkidul.”, kata dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemasaran dan Bina Usaha Dinas Pariwisata Gunungkidul, Yuni Hartini, SP, MSi., menambahkan, lomba dolanan anak tradisional Gunungkidul dan lomba kuliner jajanan pasar Gunungkidul diperuntukkan bagi perwakilan tiap kecamatan di Gunungkidul.

“Tiap kecamatan kami minta mengirimkan 1 tim untuk lomba dolanan anak dan 1 tim untuk mengikuti lomba kuliner jajanan pasar.” ujar Yuni.

Dalam perlomba Dolanan Anak tersebut memiliki ketentuan, diantaranya; peserta Sekolah Dasar di wilayah kecamatan se-Gunungkidul, Setiap kecamatan mewakilkan 1 tim terdiri dari peserta dan pendamping, tim berjumlah 10 – 15 orang (SD/ sederajat) tambah 5 orang pendamping. Jenis dolanan tradisional bebas (berbahasa jawa) dan durasi dolanan 10 menit setiap tim.

Adapun ketentuan untuk Lomba Jajanan Pasar diantaranya; peserta berasal dari 18 kecamatan se-Gunungkidul, setiap kecamatan mengirimkan 1 tim terdiri 10 orang (termasuk pendamping). Untuk jenis kuliner yang dilombakan adalah jajanan pasar, 1 tim menampilkan minimal 2 jenis jajanan. Peserta juga wajib menampilkan nama masakan dan resepnya.

“Saat lomba masak kuliner khas, bahan baku didisplay berikut prosesnya (live-cooking), bahan baku non terigu, kemasan non plastik, bahan & peralatan membawa sendiri. Kami menyediakan display meja dan kursi (@ 2 unit), untuk durasi memasak maksimal 60 menit,” terang Yuni.

Yuni menambahkan, untuk para pemenang panitia telah menyediakan hadiah mencapai hingga puluhan juta.

“Pemenang juara I: Uang pembinaan Rp. 3.000.000,00 dan Trophy, Juara II: Uang pembinaan Rp. 2.500.000,00 dan Trophy, Juara III: Uang pembinaan Rp. 2.000.000,00 dan Trophy, Juara IV: Uang pembinaan Rp. 1.500.000,00 dan Trophy, Juara V: Uang pembinaan Rp. 1.000.000,00 dan Trophy.” paparnya. (Falentina)

Related Post