Tingkatkan Produktivitas, 604 Hektar Lahan Ditanami Tebu

586 views



Gunungkidulpost.com – Tepus – Kekurangan lahan tebu menjadi salah satu turunnya pasokan bahan baku industri gula. Solusinya, pemerintah bakal menyulap lahan menjadi perkebunan tebu, seperti yang telah dilakukan di Desa Sumberwungu, Kecamatan Tepus, Senin (21/11/2016).

GKR Mengkubumi mengatakan, lahan akan sangat bermanfaat jika difungsikan untuk kegiatan yang lebih menghasilkan, seperti yang terjadi di Desa Sumberwungu, Tepus. Diatas lahan seluas 604 hektar, dapat dialih fungsikan untuk penanaman tebu.

“Ini sangat bagus sekali dan perlu adanya dukungan baik pihak swasta maupun pemerintah daerah untuk dikembangkan menjadi lahan kebun tebu,” katanya kepada Gunungkidulpost.com.
Dia menuturkan, dengan dimulainya penanaman bibit tebu diharapkan warga sekitar lebih dapat mengolah dengan baik. Selain itu, kebun tebu jika dikelola dengan sebaik mungkin dapat berdampak positif untuk menunjang pariwisata baru.

“Selain menghasilkan, kebun tebu juga dapat dijadikan tempat destinasi pariwisata di Gunungkidul,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sumberwungu, Tukinah mengaku, pihaknya bersama dengan warga dan kelompok tani siap untuk mengelola
lahan tebu ini. Dirinya berharap, langkah ini akan menjadikan sebagai modal tambahan penghasilan para petani melalui usaha pengelolaan lahan tebu.

“Semoga dengan lengkah ini, masyarakat menjadi lebih sejahtera menikmati hasilnya nanti,” ujarnya. 
Terpisah, Ketua Kelompok Petani Tebu Desa Sumberwungu, Suradio mengakatan, pihaknya sudah merasakan hasil panen yang kedua kalinya. Dan penanaman bibit kali ini merupakan yang ketiga kalinya ia tanam. Dirinya bersama dengan 48 anggota pentani tebu mengaku akan meningkatkan pengelolaan tebu diatas lahan 604 hektar.

“Hasilnya sangat menjanjikan, dan semoga dengan tambahan bibit sebanyak 5,1 ton ini hasinya semakin ada peningkatan,” ucapnya. (Bayu)

Related Post