Titik Soeharto Berikan Terobosan Atasi Kenaikan Harga Sayur

519 views

image

Titik Soeharto. (Foto: ist)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Komisi IV DPR RI mendorong pemerintah untuk berupaya menindaklanjuti harga sayur di Gunungkidul yang mulai naik akibat cuaca ekstrim. Jika dibiarkan terus menerus, maka diyakini kenaikan akan terus terjadi.

Salah satu pedagang bumbu, Tukiyem mengaku jika harga cabai dan bawang saat ini terus mengalami kenaikan setiap minggunya. Saat ini harga cabai sudah mencapai Rp. 60 ribu dari semula harga Rp. 40 ribu per kilogramnya. Sedangkan bawang putih mencapai Rp. 40 ribu dari harga awal Rp. 30 ribu per kilogramnya. Selain itu, harga bawang merah yang awalnya hanya Rp. 25 ribu saat ini naik mencapai Rp. 45 ribu.

“Kenaikan sudah mencapai dua kali lipat dari harga awal,” katanya, Senin (7/11/2016).

Tukiyem menduga, jika kenaikan tersebut diduga terjadi lantaran stock pedagang saat ini mulai menipis dan gagal panen di sejumlah sentra penghasil bawang dan cabai.

“Memang saat ini kenaikan harga juga dipengaruhi dengan adanya cuaca yang terus memburuk,” ujarnya.

Wakil ketua komisi IV DPR RI, Titiek Soeharto mengaku, jika pihaknya mendapat keluhan para pedagang. Nantinya akan dilakukan koordinasi dengan pemerintah untuk mengatasi permasalahan tersebut.

“Kita dorong pemerintah agar permasalahan ini (kenaikan harga) dapat diatasi. Jika dibiarkan mungkin akan terus naik nantinya,” jelasnya.

Selain itu, Tutik menghimbau kepada para ibu rumah tangga untuk gemar melakakukan penanaman cabai dan bawang di pekarangan rumah. Diyakini terobosan dapat membantu permasalahan yang ada.

“Dengan begitu para ibu rumah tangga tidak akan terpengaruh dengan kenaikan yang ada,” pungkasnya. (Nena)

titieksoeharto

Related Post