TMMD Sengkuyung Sasar Desa Sawahan

58 views

Gunungkidulpost.com – Ponjong – Pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung ke 102 tahap II tahun anggaran 2018 oleh Kodim 0730/Gunungkidul di Sawahan, Desa Sawahan, Kecamatan Ponjong telah 100% selesai.

Hal ini disampaikan oleh Komandan Kodim 0730/Gunungkidul Letkol Inf Muh. Taufik Hanif Y. S. Sos dalam upacara penutupan TMMD di lapangan desa setempat, Rabu, (8/8) pagi.

“Semua telah selesai baik sasaran fisik maupun sasaran non fisik, semoga hasil program TMMD ke 102 ini manfaatnya dapat dinikmati masyarakat dalam jangka yang panjang,” kata M. Taufiq Hanif.

Dandim memaparkan, untuk sasaran fisik kami telah melakukan pembangunan cor rabat beton sepanjang 1 km, rehab Masjid 1 unit, pos kamling 5 unit, dreanase air 2 unit, talud 1 km, gorong-gorong plat deker 2 unit.

“Sedangkan sasaran non fisik diantaranya berbagai penyuluhan kepada masyarakat dari berbagai pihak terkait,” jelasnya.

Untuk pelaksanaann TMMD kali ini, dana diperoleh dari Provinsi sebanyak 75 juta rupiah, dari Pemkab Gunungkidul 215 juta rupiah dan swadaya masyarakat sebanyak 60 juta rupiah.

Dandim 0730/Gunungkidul menyampaikan, pelaksanaan TMMD merupakan peran nyata TNI dalam mendukung pembangunan. Ini juga sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. Wahana untuk menggelorakan kembali semangat gotong royong, rasa cinta tanah air, serta ketahanan nasional guna menjaga keutuhan NKRI.

“Pertahankan semangat kebersamaan dan kemanunggalan TNI dengan rakyat jangan mudah terhasut dan terprovokasi oleh pihak manapun yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa,” tuturnya.

Dandim berharap, mayarakat untuk selalu meningkatkan semangat gotong royong sebagai warisan budaya bangsa dalam menjaga imunitas bangsa, guna menghadapi berbagai ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan tehadap kedaulatan dan keutuhan NKRI.

Sebagai simbol selesainya pelaksanaan TMMD kali ini, ditandai dengan penandatangan naskah dan penyerahan hasil TMMD dari Komandan Kodim 0730/Gunungkidul, Letkol Inf. Muh Taufik Hanif Y kepada Bupati Gunungkidul, Badingah. (Santi)

Related Post