Tragis, Puluhan Orang Tewas Sia-Sia

835 views

image

Polisi evakuasi korban bunuh diri. (Ilustrasi Foto: Doc. Gunungkidulpost)

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Angka bunuh diri di Gunungkidul semakin tahun tak pernah surut. Pasalnya Kepolisian resort Gunungkidul, mencatat sampai pertengahan bulan November 2016, angka kasus bunuh diri mencapai 31 kasus. Dari jumlah tersebut, sebanyak 28 orang tewas, sedang 3 orang selamat. 

Panit Humas Polres Gunungkidul, Iptu Ngadino mengatakan, kasus bunuh diri di Gunungkidul rata-rata 25 orang pertahun. Menurutnya, untuk data tertinggi kasus bunuh diri ada di 2012, yakni mencapai angka 39 orang. Kemudian jumlah tersebut turun pada 2013 menjadi 29 kasus. Tahun berikutnya, yaitu 2014 kembali turun menjadi 19 kasus dan tahun 2015 naik lagi menjdi 31 kasus bunuh diri.

“Sebagian besar dilakukan gantung diri. Dan tahun ini sebanyak 28 orang tewas akibat bunuh diri,” katanya saat dihubungi Gunungkidulpost.com, Kamis (17/11/2016).

Ngadino menuturkan, pihak Kepolisian terus berupaya melakukan pencegahan, salah satunya Polres Gunungkidul terus menggencarkan sosialisasi ke masyarakat dam mengoptimalkan fungsi Babinkamtibmas. 

“Kita terus berupaya melakukan upaya pencegahan,” ujarnya.

Sementara itu, Pimpinan LSM Jejaring Rakyat Mandiri (Jerami) Rino Caroko mengatakan, pihaknya prihatin dengan tingginya kasus bunuh diri di Gunungkidul. Sosialisasi langsung ke masyarakat tidaklah cukup untuk mengentaskan kasus ini. Namun pendekatan melalui tokoh agama dan masyakakat sangatlah penting untuk menambah kekuatan dalam menekan angka bunuh diri di Gunungkidul.

“Semua pihak dari berbagai unsur harus bisa terjun langsung ke masyarakat. Hal ini sangat penting untuk menekan kasus bunuh diri,” ucapnya. (Bayu)

angkabunuhdiri

Related Post