Trayek Tak Merata, Begini Tanggapan Dinas

291 views

image

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Gunungkidul segera menertibkan sejumlah angkutan umum yang beroperasi di Kabupaten Gunungkidul. Pasalnya jumlah angkutan umum yang ada di Gunungkidul tidak diikuti dengan pemerataan trayek.

Kepala Dishub Kabupaten Gunungkidul, Purnama Jaya mengakui jika transportasi umum di Gunungkidul belum tertata dengan baik. Hal itu lantaran jumlah armada angkutan transportasi baik angkutan perdesaan (Angkudes) maupun angkutan kota (Angkot) melebihi jumlah yang diperlukan. Menurut data yang dia dikumpulkan, hingga kini terdapat lebih dari 400 armada angkutan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Gunungkidul. Sementara menurut perhitunganya jumlah yang dibutuhkan hanya sebanyak 250 armada.

“Yang dibutuhkan hanya sekitar separuhnya,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Sabtu (11/2/2017).

Meski jumlah angkutan sudah berlebihan, namun menurutnya masih dalam batas toleransi. Akan tetapi jumlah angkutan tersebut harus diimbangi dengan ketersediaan trayek operasional masing-masing armada.
Menurut percermatan yang telah dia lakukan di lapangan, sejumlah trayek terdapat yang kekurangan armada, dan ada yang sama sekali tidak ada armada.

“Hal tersebut menjadikan trayek kurang merata. Sudah kami himbau, namun sulit diminta pindah,” ujarnya.

Sementara itu Wandiyo, operator angkutan umum di Gunungkidul, meminta agar Dinas dapat adil dalam membagi trayek antar angkutan. Pasalnya, ada tidaknya trayek dikarenakan ramai tidaknya masyarakat yang menggunakan jasa transportasi di wilayah tersebut.

“Harus ada keadilan supaya semua trayek akan dibagi dengan adil,” tandasnya. (Bayu)

Posted from WordPress for Android

Related Post