Tren Kekerasan Terhadap Anak Di Gunungkidul Terus Naik

714 views

Ilustrasi. Net



Gunungkidulpost.com – Wonosari – Tren kasus kekerasan terhadap anak di Gunungkidul meningkat. Pasalnya kasus yang ditangani oleh jajaran Kepolisian Resort Gunungkidul dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. 
Kasubag Humas Polres Gunungkidul, Iptu Ngadino mengatakan, pada tahun 2015 jumlah kasus tersebut mencapai 16 kasus. Namun untuk tahun 2016 menjadi 27 kasus. Hal ini membuktikan bahwa tren kasus tersebut lalu mengalami peningkatan. “Memang ada peningkatan dari tiap tahunnya,” kata Ngadino saat ditemui Gunungkidulpost.com, Selasa (24/1/2017).

Menurutnya, kasus tersebut bervariasi mulai upaya melarikan diri yang menimpa anak dibawah umur, pencabulan, kekerasan seksual, hingga pembunuhan. Dia menuturkan, korban tersebut didominasi oleh perempuan.“Sebagian besar korban adalah perempuan,” ujarnya.

Pihaknya pun berharap kepada para orang tua untuk lebih waspada terutama yang memiliki anak yang mulai tumbuh dewasa. Lantaran sangatlah rentan menjadi korban kekerasan yang masih ngetren di kalangan masyarakat. “Orang tua wajib memantau dan melakukan pendekatang terhadap anaknya sehingga aktifitas anak dapat terkontrol,” bebernya.

Sementara itu, Manager Divisi Pengorganisasian Masyarakat, Rifka Annisa, M Thantowi mengatakan, kekerasan terhadap anak di Gunungkidul sudah masuk ketahap mengkhawatirkan. Hal itu dilihat dari jumlah kasus yang menimpa anak yang selalu meningkat.“Harus ada peranserta semua eleman untuk dapat menekan angka kekerasan anak yang masih menjadi tren saai ini,” ucapnya. (Bayu)

Related Post