Triwulan Pertama, Pemerintah Baru Cairkan 60 persen Dana Desa

image

Kepala Desa Gading, Sukirman Saat Ditemui Gunungkidulpost.com. (Foto: Sus)

Gunungkidulpost.com – Playen – Sebanyak 144 desa yang ada di Gunungkidul telah mencairkan dana desa termin pertama tahun 2017. Namun dari jumlah keseluruhan yang ada dana tersebut baru bisa dicairkan  sebesar 60 persen saja.

Kepala Desa Gading Sukirman mengatakan, desa Gading akan memperoleh dana desa dari pemerintah sebesar 994 juta, namun baru sebesar 60 persen yang bisa di cairkan.

“Di tahap pertama ini, desa Gading memperoleh dana desa sebesar Rp 994 juta. Namun kini baru cair 60 persen atau sekitar Rp 542 juta. Untuk itu kami segera mengerjakan proyek yang sudah diprogramkan,” katanya kepada Gunungkidulpost.com, Kamis,(4/05/2017).

Sukirman menjelaskan bahwa dana desa yang diterima di tahap pertama ini akan di gunakan untuk proyek pengaspalan jalan di wilayah Gading l. Lebih lanjut yang tak kalah penting dan harus di prioritaskan yaitu untuk pembuatan drainase yang meliputi 6    Pedusunan di Desa Gading yaitu Padukuhan Gading 4,5,6,7,9,10.

“Kami juga akan gunakan dana desa untuk pemberdayaan di Sendang Beji yang ada di Gading 7 berupa pemberian bibit ikan,” jelasnya.

Selain itu dana akan di gunakan untuk mengganti dana pinjaman yang kemarin di gunakan untuk lomba desa di bulan April kemarin.

“Kemarin pada saat lomba desa,kami terpaksa cari pinjaman dulu, dengan cairnya dana desa di tahap pertama ini, akan kami pergunakan untuk menggantinya,” tuturnya.

Dari sebagian dana desa yang telah cair, tentu belum bisa mencakup di semua program, namun pemerintah desa Gading mengaku akan memprioritaskan mana program yang harus di dahulukan.

“Kami akan kerjakan proyek yang sekiranya perlu di dahulukan, untuk saat ini kami akan utamakan untuk pengaspalan jalan dan pembuatan selokan,” ucapnya.

Dengan adanya dana desa pemerintah desa Gading berharap akan dapat membantunya dalam meningkatkan dan menciptakan desa Gading menjadi desa yang maju dan terus berkembang.

Bersama masyarakat pemerintah desa Gading akan membangun desa, sesuai motto desa Gading
“Makaryo Bangun Deso Kanthi Lego Lilo” yang artinya membangun desa dengan tulus dan iklas.

“Kami akan pergunakan dana dari  pemerintah ini semaksimal mungkin, tentunya demi kemajuan desa,” pungkas Sukirman. (R1)

Posted from WordPress for Android

Related Post