Truk Sampah Luar Daerah Ditolak Masuk TPAS Wukirsari

196 views

Gunungkidulpost.com – Wonosari – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gunungkidul menolak keras truk sampah yang akan dibuang di TPST Wukirsari pasca penutupan
Terimbas penutupan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan, beberapa waktu yang lalu.

Kepala DLH Gunungkidul, Agus Priyanto mengatakan, pada hari Kamis lalu, pihaknya menolak tiga truk yang akan membuang ke TPST Wukirsari.
Penolakan tersebut dilakukan karena belum adanya regulasi resmi yang berlaku untuk membuang sampah di Wukirsari.

“Penutupan TPST di Piyungan, Bantul juga berimbas ke wilayah kami, kemarin kami menolak tiga truk. Dalam minggu ini total kami menolak ada lima truk penangkut sampah dari luar daerah yang akan masuk ke TPST Wukirsari,” katanya, Jumat (29/3/2019) kemarin.

Pihaknya menolak karena hingga saat ini belum ada peraturan yang berlaku.
Menurutnya jika sampah akan dibuang di Wukirsari perlu adanya Memorandum of Understanding (moU) terlebih dahulu dengan pihak provinsi DIY.

“Jika kami memperbolehkan sampah dibuang di Wukirsari maka kami salah. Ditambah lagi lahan terbatas di Wukirsari jika sampah dari luar daerah masuk maka TPST Wukirsari hanya bertahan selama tiga minggu,” katanya.

Pemkab Gunungkidul sendiri saat ini telah melakukan pembahasan revisi perda pengelolaan sampah tahun 2012 dan sekarang ini masih dalam draf revisi perda pengelolaan sampah.

“Dalam regulasi tersebut, nantinya ada penerapan aturan 3R yaitu Reuse, Reduce, Recycle. Reuse berarti menggunakan sampah yang masih bisa dimanfaatkan,” jelas Agus.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul, Badingah mengatakan, kesadaran dalam menjaga lingkungan harus dimatangkan.

Terlebih sampah yang dapat mengotori air atau sungai di Kabupaten Gunungkidul.

“Apalagi di Gunungkidul sering terjadi bencana seperti banjir dan tanah longsor, untuk banjir kita lihat lagi apakah ada unsur kesalahan manusia atau tidak, jika iya maka jangan sampai mengotori sungai dengan sampah-sampah plastik,” tutupnya. (Bayu)

Related Post